Mewujudkan Kesetaraan Kelurahan dan Desa

FOKUS: Sejumlah peserta sedang menyimak narasumber terkait terobosan baru kesetaraan kelurahan dan Desa di Soreang, kamarin.
FOKUS: Sejumlah peserta sedang menyimak narasumber terkait terobosan baru kesetaraan kelurahan dan Desa di Soreang, kamarin.
0 Komentar

sumedangekspresĀ  -Pemerintah Kabupaten Bandung kembali membuat terobosan untuk mengakselerasi pembangunan di tataran kelurahan, dengan sebutan Program Sinergitas Pembangunan Kelurahan Bedas (PSPKB). PSPKB merupakan sebuah upaya yang mendorong keterlibatan aktif masyarakat dalam proses pembangunan kelurahan.

Dengan adanya PSPKB, setiap kelurahan akan mendapatkan alokasi anggaran pembangunan untuk setiap RW sebesar 100 juta rupiah, yang bisa digunakan untuk meningkatkan pembangunan di RW tersebut.

ā€œTapi pengelolaan anggaran ini tetap dipegang oleh kelurahan yang kemudian melakukan alokasi dan pelaksanaan anggaran di setiap RW berdasarkan musyawarah kelurahan,ā€ jelas Supardian, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kabupaten Bandung, kemarin.

Ia menjelaskanĀ  PSPKB memiliki beberapa tujuan utama, yaitu:

Baca Juga:Jalan Rusak Ancam KeselamatanRatusan Siswa Belajar di Kelas Rusak

  1. Percepatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat kelurahan.
  2. Peningkatan kinerja dan penguatan kapasitas kelurahan dan lembaga kemasyarakatan.
  3. Meningkatkan partisipasi Masyarakat.
  4. Mendorong inovasi di kelurahan.
  5. Membuat pembangunan antara desa dan kelurahan menjadi seimbang.

ā€Dengan adanya program ini, kelurahan di Kabupaten Bandung dapat mencapai kemajuan dan kesejahteraan yang lebih baik,ā€ pungkasnya. (Aph)

 

0 Komentar