Kisi-Kisi Lengkap CPNS 2023 Yuk Mari Pelajari

Kisi-Kisi Lengkap CPNS 2023 Yuk Mari Pelajari
Kisi-Kisi Lengkap CPNS 2023 Yuk Mari Pelajari (Jessica Jane/ist)
0 Komentar

sumedangekspres – Kisi-Kisi Lengkap CPNS 2023, Sebentar lagi, pejuang-pejuang yang bersemangat untuk menjadi abdi negara melalui seleksi CPNS 2023 akan menghadapi ujian yang mungkin merupakan titik balik karier dan pengabdian mereka.

Kunci kesuksesan terletak pada pemahaman yang mendalam tentang kisi-kisi seleksi ini.

Mari kita jelajahi kisi-kisi CPNS 2023 yang lengkap dengan contoh soal dan jawaban, sehingga kamu bisa mempersiapkan diri secara optimal.

Baca Juga:The Originote Untuk Umur Berapa ? Cocok Untuk Remaja Ga sih ?Skincare Reglow: Bercahaya dengan Satu Sentuhan

Seleksi CPNS 2023 terdiri dari tiga kategori utama Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP), sesuai dengan Keputusan Menpan-RB Nomor 1023 Tahun 2021.

TWK mencakup topik seperti nasionalisme, integritas, bela negara, dan pemahaman terhadap pilar negara.

Contoh soal TWK menguji pemahaman tentang tugas dan wewenang presiden, yang menjadikan pemahaman nasionalisme dan pilar negara sebagai dasar penting dalam administrasi publik.

TIU melibatkan berbagai kemampuan seperti kemampuan figural, verbal, dan numerik.

Contoh soal TIU mencakup analogi, silogisme, dan deret angka, serta memerlukan pemikiran logis dan cepat dalam menyelesaikan masalah.

TKP akan menguji pemahaman peserta ujian tentang perilaku, empati, jejaring kerja, adaptasi, teknologi informasi, dan profesionalisme.

Contoh soal TKP sering kali berbentuk cerita dengan studi kasus yang memerlukan peserta ujian untuk menunjukkan sikap dan tindakan yang paling tepat dalam situasi tertentu.

Ini adalah tahap pengujian karakter dan sikap seorang calon ASN.

Penting untuk diingat bahwa dalam TKP, tidak ada jawaban benar atau salah; yang ada adalah beragam tingkatan poin.

Baca Juga:Putusan MKMK Akan Ada Potensi Gempa Politik Menuju Pilpres 2024Persatuan Advokat Demokrasi Indonesia Atau PADI Mendesak MK Untuk Netral

Oleh karena itu, dalam menjawab soal TKP, kamu harus menunjukkan empati, kerjasama, gotong royong, dan profesionalisme.

Berikut Contoh Kisi-Kisi Lengkap CPNS 2023

Kunci sukses dalam seleksi CPNS 2023 adalah pemahaman mendalam terhadap kisi-kisi dan berlatih dengan contoh soal. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri secara menyeluruh, termasuk latihan soal-soal TIU dan TKP. Kesuksesanmu dalam seleksi ini akan membuka pintu menuju pengabdian pada negara dan masyarakat. Semangat dan terus berlatih!

0 Komentar