Kisah nyata yang dijadikan film yang sangat menginspirasi di Indonesia

Kisah nyata yang dijadikan film
Kisah nyata yang dijadikan film(ist)
0 Komentar

sumedangekspres– Kisah nyata yang dijadikan film, saat ini banyak sekali kisah nyata yang dijadikan film, banyak yang terinspirasi, banyak juga yang kontra.

Kadang kala inspirasi sebuah film itu didapat dari kisah nyata. Karena dianggap menarik, akhirnya diangkat menjadi film layar lebar.

Berikut beberapa film Indonesia yang benar-benar diangkat dari kisah nyata. Film tersebut diharapkan dapat memberikan motivasi perjuangan dari kisah hidup mereka.

Baca Juga:Film Barat yang diangkat dari kisah nyata: Menggugah emosi dan jarang ditemukan dalam genre lain!Pernyataan Presiden Jokowi mengenai pemilu 2024: Terlalu banyak pertarungan dan drama!

1. Gie (2005)
Film Gie merupakan kisah nyata yang diambil dari buku catatan harian Soe Hok Gie yang kemudian dibukukan dan berjudul ‘Catatan Seorang Demonstran’. Soe Hok Gie merupakan seorang aktivis mahasiswa yang lahir di keluarga keturunan Tionghoa dan menjalani kehidupan sederhana di Jakarta. Gie merupakan sosok yang jujur dan tidak kenal kompromi. Sejak usia remaja, Gie memiliki ketertarikan dengan konsep-konsep idealis yang dipaparkan oleh intelek-intelek kelas dunia.

Film Gie mendapatkan penghargaan pada Piala Citra Festival Film Indonesia 2005 dengan sebelas penghargaan yang termasuk dalam Film Bioskop Terbaik, Pengarah Sinematografi Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, Sutradara Terbaik, dan masih banyak lainnya.

2. Soegija (2012)
Soegija diangkat menjadi uskup pribumi dalam Gereja katolik Indonesia ketika perang dunia kedua. Ketika Jepang datang ke Indonesia (1942), Mariyem terpisah dari Maryono, kakaknya. Ling Ling terpisah dari ibunya. Hal itu membuat seorang tentara Jepang dan penganut Budhist, Nobuyuki, selalu teringat anaknya di Jepang ketika masa perang.

Begitu pun dengan seorang tentara Belanda, Robert tersentuh ketika menemukan bayi di medan perang. Ia pun rindu pulang dan ingin bertemu ibunya. Sementara itu, Hendrick menemukan cintanya yang tak mampu ia miliki karena perang. Soegija sendiri merupakan warga pribumi pertama yang diangkat menjadi uskup oleh Vatikan, dan resmi menjabat sebagai uskup agung Semarang pada 1960.

3. Surat Kecil untuk Tuhan (2011)
Surat kecil untuk Tuhan adalah sebuah film yang diangkat dari kisah nyata perjuangan gadis remaja bernama Gita Sesa Wanda Cantika alias Keke melawan kanker ganas. Gadis cantik,pintar dan mantan artis penyanyi cilik berusia 13 tahun yang menjadi penderita kanker jaringan lunak pertama di Indonesia. Kanker itu menyerang wajahnya yang cantik dan menjadikannya seperti monster. Bahkan, dokter pun mengatakan kalau hidupnya tinggal beberapa bulan saja.

0 Komentar