Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana Tegaskan Bidang Humas Polda Berperan Vital dalam Memastikan Kelancaran Proses Pemilu dan Mencegah Potensi Konflik

Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana Tegaskan Bidang Humas Polda Berperan Vital dalam Memastikan Kelancaran Proses Pemilu dan Mencegah Potensi Konflik
Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana Tegaskan Bidang Humas Polda Berperan Vital dalam Memastikan Kelancaran Proses Pemilu dan Mencegah Potensi Konflik
0 Komentar

sumedangekspres – Peran Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Polda yang efektif dalam mendukung Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) selama pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) adalah kunci untuk memastikan kelancaran proses pemilu dan mencegah potensi konflik atau gangguan keamanan.

Humas Polda harus menjadi sumber informasi yang dapat dipercaya dan berkontribusi dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap proses pemilu dan keamanan yang dijaga oleh kepolisian.

Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana mengungkapkan hal itu menjelang menyampaikan materi Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk  “Peran Humas dalam mendukung Harkamtibmas Pelaksanaan Pemilu” kepada sekitar 70 personel Bidang Humas di lingkungan Polda Jateng.

Baca Juga:Sumedang Bangun Kerjasama Dengan BUMN dan Wisercat Estonia di SCEWC BarcelonaSumedang Wakili Indonesia Ikut Smart City Expo di Barcelona

Kegiatan digelar di Aula Lantai 2 Polda Jawa Tengah Jl. Pahlawan No. 1 Semarang, Selasa 7 November 2023 siang.

Dr Aqua Dwipayana selalu berupaya mengoptimalkan waktu di tengah agendanya yang padat untuk menjangkau kalangan yang luas saat menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi di berbagai wilayah di Tanah Air.

Termasuk keberadaan di Kota Semarang, sepanjang Selasa 7 November 2023. Setelah memotivasi sebanyak 125 personel Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Kepolisan Daerah Jawa Tengah (Polda Jateng) pada pagi hari, siang harinya doktor Komunikasi lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran tersebut dijadwalkan menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada jajaran Bidang Humas Polda Jateng.

Dr Aqua Dwipayana menjelaskan peran Humas Polda dalam Harkamtibmas pada pelaksanaan Pemilu sangat penting untuk memastikan keamanan, ketertiban, dan kelancaran proses politik yang vital dalam kehidupan bernegara.

Bidang Humas Polda berperan dalam penyebarluasan informasi dan pendidikan bagi publik. Utamanya menyediakan informasi yang akurat dan terpercaya kepada masyarakat mengenai peran dan tugas Polda dalam menjaga keamanan selama pemilu.

Juga, melakukan kampanye pendidikan pemilih untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pemilu serta mengedukasi mereka mengenai prosedur pemungutan suara dan aturan pemilu.

Humas Polda juga harus dapat berkolaborasi dengan penyelenggara pemilu, instansi pemerintah, dan lembaga terkait ainnya untuk menjaga koordinasi yang baik dalam menjaga kamtibmas selama pemilu. “Kemudian, memfasilitasi pertemuan dan dialog antara pemangku kepentingan terkait pemilu untuk mencegah konflik dan mempromosikan kolaborasi,” ungkap Dr Aqua Dwipayana.

0 Komentar