Sejarah nama Jatinangor: Kumpulan tempat sejarah, wisata sampai pendidikan!

Sejarah nama Jatinangor
Sejarah nama Jatinangor(facebook.com)
0 Komentar

sumedangekspres-Sejarah nama Jatinangor, Sumedang adalah salah satu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki sejarah yang selalu di ingat. Selain itu, Jatinangor adalah salah satu kecamatan di Sumedang yang memilki bangunan bersejarah dan banyak sekali tempat wisata yang bisa kamu kunjungi. Apalagi Jatinangor dikenal sebagai kawasan pendidikan yang menjadi tempat empat kampus ternama di Indonesia berada, yakni Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Bandung, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), dan Institut Manajemen Koperasi Indonesia (IKOPIN) yang kini berubah nama menjadi Universitas Koperasi Indonesia.

Jatinangor ditetapkan sebagai Kawasan Perguruan Tinggi (KPT) pada 1989, lalu pada 2010, statusnya berubah menjadi Kawasan Strategis Provinsi (KSP) Pendidikan. Uninversitas yang pertama kali menginisiasi pindah ke Jatinangor datang dari Universitas Padjadjaran atau Unpad.

Awalnya, Unpad yang berdiri pada 11 September 1957 dan awalnya berlokasi di Dipatiukur, Bandung. Seiring perkembangan waktu, fakultas yang bermunculan di Unpad berada di beberapa tempat di Bandung dan tidak hanya terletak di Dipatiukur.

Baca Juga:Pemain sinetron tertawan hati: Naysila Mirdad jadi pemeran utama!Hal yang Perlu Dibahas Sebelum Menikah: Wajib banget dibahas!

Menurut Dosen Ilmu Sejarah Universitas Padjadjaran Widyo Nugrahanto, pada awal 1980-an kampus Unpad secara ekologis terletak secara terpisah-pisah. “Itu membuat kampus terasa tidak bersatu,” ujar Widyo.

Rektor ke-enam Unpad, Hindersah Wiraatmadja kemudian mengusulkan Unpad untuk pindah ke Jatinangor yang terinspirasi dari Kota Akademik Tsukuba. Ia menggagas “Kota Akademis Manglayang” yang letaknya di Jatinangor. Kawasan di Jatinangor yang menjadi letak Unpad kemudian disetujui oleh Gubernur Jawa Barat berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat No. 593/3590/1987 dengan luas 3.285,5 Hektar, terbagi dalam 7 wilayah peruntukkan. Gedung Rektor Unpad kemudian secara resmi pindah ke Jatinangor pada 5 Januari 2012.

Sejarah nama Jatinangor

Meskipun kini dikenal sebagai kawasan pendidikan, dulunya Jatinangor merupakan kawasan Perkebunan. Hal itu bisa dilacak dari nama Jatinangor yang diambil dari nama perkebunan teh dan pohon karet yang dikuasai oleh perusahaan swasta Belanda, yaitu Maatschappij tot Exploitatie der Baud-Landen.

Menurut Widyo Nugrahanto, saat itu pemilik perkebunan teh Jatinangor bernama bernama Baron W.A. Baud (Willem Abram Baud) atau Baron Baud bertanya kepada warga sekitar perkebunannya tentang nama suatu tanaman sejenis rumput yang dilihatnya.

0 Komentar