Elektabilitas Prabowo-Gibran Unggul Jauh di Jawa Barat Menurut Survei JSPP

Elektabilitas Prabowo-Gibran
Elektabilitas Prabowo-Gibran (ist/ig/prabowo)
0 Komentar

sumedangekspres – Pada tanggal 1 hingga 12 November 2023, Jaringan Survei Pemuda Pelajar (JSPP) bekerja sama dengan Ragaplasma Research melakukan survei kelayakan calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) di Jawa Barat.

Survei ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran partisipasi politik masyarakat Jawa Barat menjelang pemilu serentak 2024. Metode survei yang digunakan adalah multi-stage random sampling dengan partisipasi 1.000 responden yang tersebar di 27 kabupaten/kota di Jawa Barat. Proses wawancara dilakukan secara tatap muka dan survei mempunyai error kurang lebih +/- 3,16% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Hasil survei menunjukkan kemungkinan terpilihnya pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Jawa Barat cukup tinggi. Menurut Direktur JSPP Salman Ramadhani, dari total responden, pasangan Prabowo-Gibran mendapat dukungan 48%, sedangkan pasangan Anies-Muhaimin menempati posisi kedua dengan perolehan suara 26%.

Baca Juga:Apresiasi Pemerintah Indonesia dalam Membersihkan Laut dari Sampah: Langkah Konkret untuk Lingkungan BersihOptimalisasi Pelayanan Haji: Usulan PT Angkasa Pura II untuk Penerbangan Jemaah Asal Jawa Barat dari Bandara Kertajati

Di posisi ketiga kita temukan pasangan Ganjar-Mahfud MD dengan probabilitas kelayakan sekitar 15%. Pada saat yang sama, sekitar 11% orang yang disurvei belum menentukan pilihannya.

Dengan hasil ini, Prabowo-Gibran menunjukkan dominasi yang signifikan di Jawa Barat, menempatkan mereka sebagai favorit di mata masyarakat setempat. Elektabilitas yang tinggi bagi pasangan ini dapat diartikan sebagai respons positif terhadap visi dan program kerja yang mereka usung.

Survei ini memberikan gambaran penting bagi para pemangku kepentingan politik dan masyarakat Jawa Barat untuk memahami dinamika politik di daerah tersebut. Selain itu, hasil survei ini juga menjadi acuan strategis bagi tim kampanye pasangan Prabowo-Gibran dan pasangan lainnya dalam merancang strategi untuk memenangkan hati pemilih di Jawa Barat pada Pemilu Serentak 2024.

Meskipun hasil survei memberikan pandangan awal, dinamika politik dapat berubah seiring waktu. Oleh karena itu, penting bagi semua pihak yang terlibat untuk terus memantau perkembangan politik dan merespons kebutuhan serta aspirasi masyarakat secara efektif.

0 Komentar