Perwakilan Mahasiswa Fakultas Peternakan UNPAD Berhasil Meraih Juara 1 dalam Lomba Essay Tingkat Nasional!

Perwakilan Mahasiswa Fakultas Peternakan UNPAD Berhasil Meraih Juara 1 dalam Lomba Essay Tingkat Nasional!
Perwakilan Mahasiswa Fakultas Peternakan UNPAD Berhasil Meraih Juara 1 dalam Lomba Essay Tingkat Nasional! (ist/unpad)
0 Komentar

sumedangekspres – Perwakilan Mahasiswa Fakultas Peternakan UNPAD Berhasil Meraih Juara 1 dalam Lomba Essay Tingkat Nasional!

Perwakilan mahasiswa Fakultas Peternakan Unpad dengan program studi Ilmu Peternakan Fakultas Peternakan mengikuti lomba esai nasional dalam acara Pekan Raya Peternakan di Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat.

Tim tersebut beranggotakan Nur Sabrina Zahratun Nisa (2021), Egifta Noela Br Sitepu (2021), dan Krisna (2021), dengan esay nya yang berjudul “Falloca: Biskuit Sehat Berbasis Susu Kerbau dan Tepung Mocaf Sebagai Swasembada Pangan Fungsional.”

Baca Juga:Waspada! Ini Dia Prakiraan Cuaca di Sumedang Hari Ini, Bakal Hujan Badai Petir?Satpol PP Sumedang: Spanduk Kampanye di Sumedang Tak Ada Satu Pun yang Berizin!

Dibimbing oleh Ir.Raden Febrianto Christi, S.Pt., M.S., IPM berhasil meraih Juara 1 dalam rangkaian tahapan yang diperebutkan secara ketat, mengungguli kontestan tuan rumah dan universitas ternama.

Pemilihan judul esay tersebut disebabkan oleh potensi susu kerbau yang belum dimanfaatkan, yang dinilai memiliki kualitas yang sebanding dengan susu dari ternak lainnya.

Falloca sebagai hasil penelitiannya, merupakan kue kering yang terbuat dari susu kerbau dan bubuk mocaf, bebas gluten dan rendah kolesterol, cocok untuk segala usia.

Susu kerbau merupakan produk dengan potensi pertumbuhan tinggi di Indonesia, mengandung laktosa, protein dan lemak sehingga memberikan nilai tambah pada pangan fungsional.

Selain lomba penulisan esai, perwakilan Fakultas Peternakan Unpad juga berhasil meraih juara pertama dalam lomba pembuatan teh Talua, minuman khas masyarakat Minang di Sumatera Barat.

Teh talua terbuat dari teh, gula pasir, kuning telur dan air jeruk lemon yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, melindungi mata dan mengandung vitamin A, D, E dan K.

Lomba ini bertujuan untuk mengenalkan peserta pada budaya masakan khas dari Sumatera Barat, berasal dari luar daerah.

Baca Juga:Mengenal Sejarah RS Al Shifa Gaza Palestina yang Sekarang Menjadi Incaran Tentara Israel!Khasiat Bunga Telang Dipercaya Ampuh Menyembuhkan Stress dan Depresi!

Dekan Fakultas Peternakan, Dr. Ir. Rahmat Hidayat, S.Pt., M.Sc., IPM mengatakan, prestasi ini membuktikan bahwa mahasiswa Fakultas Peternakan Unpad memiliki prestasi akademik dan kreatif yang sangat baik.

Kompetisi jenis ini dianggap penting untuk melatih dan mengenal kompetisi, menguji prestasi siswa dan mendorong inovasi.

“Raihan prestasi ini merupakan capaian yang membaggakan sekaligus pembuktian bahwa mahasiswa Fapet Unpad memiliki prestasi yang tinggi dalam hal akademik dan kreativitas dalam mendapatkan inovasi. Lomba lomba seperti ini perlu terus diadakan dan diikuti oleh para mahasiswa untuk melatih da membiasakan diri dalam kompetisi sehingga prestasi mahasiswa teruji dan terus berinovasi menghasilkan temuan temuan yang berharga bagi masa depan mereka,” ujar Rahmat.

0 Komentar