Sumedang Go International : Kopi, Mangga Gedong Gincu dan Ubi Cilembu Akan Diekspor ke Eropa

Sumedang Go International : Kopi, Mangga Gedong Gincu dan Ubi Cilembu Akan Diekspor ke Eropa
Sumedang Go International : Kopi, Mangga Gedong Gincu dan Ubi Cilembu Akan Diekspor ke Eropa (ist/Cookpad)
0 Komentar

sumedangekspres – Sumedang Go International : Kopi, Mangga Gedong Gincu dan Ubi Cilembu Akan Diekspor ke Eropa.

Komoditas Andalan Sumedang, seperti kopi, mangga gedong gincu, dan ubi Cilembu, dipastikan akan segera diekspor ke negara-negara Eropa, demikian disampaikan oleh Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman dalam pertemuan dengan Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Barcelona, ​​Fredy Josep Pelawi di Barcelona, ​​Spanyol, pada Jumat (10/11).

Herman, yang berada di Barcelona untuk menghadiri Smart City Expo World Congress (SCEWC) 2023, berdiskusi dengan intensitas tinggi bersama Fredy Josep Pelawi, atau yang akrab disapa Jo, untuk mengeksplorasi peluang ekspor komoditas Andalan Kabupaten Sumedang.

Baca Juga:ASN Harus Netral, Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman Minta Laporkan ASN yang Tak NetralFahri Hamzah Tanggapi Megawati : Kita Dicurigai Curang Sama yang Sering Curang

“Dengan rasa syukur, saya berkesempatan untuk berdiskusi dan bertukar informasi dengan Kepala ITPC Barcelona. Pak Jo memberikan dukungan penuh untuk mengekspor komoditas unggulan Sumedang, terutama produk agribisnis seperti kopi, mangga gedong gincu, dan ubi cilembu, serta produk olahan dan kerajinan,” ungkapnya Herman dalam keterangan persnya di Gran Via Venue, Barcelona.

Herman menegaskan bahwa kunci kesuksesan terletak pada kesiapan dan profesionalitas pelaku usaha Sumedang, mulai dari memastikan kualitas dan kuantitas produk hingga kelangsungan produksi.

“Standar dan mekanisme ekspor ke kawasan Eropa, khususnya Spanyol, sangat ketat. Oleh karena itu, pelaku usaha Sumedang harus mempersiapkan diri dengan baik. Di sisi lain, kita perlu menjalin komunikasi dan koordinasi yang intensif dengan Kementerian Perdagangan RI melalui ITPC Barcelona,” tambahnya.

Kepala ITPC Barcelona, ​​Jo, menyambut baik dan memberikan dukungan penuh terhadap upaya Kabupaten Sumedang untuk mengekspor komoditas unggulannya ke Spanyol.

“Saya mendukung dan mendorong Sumedang untuk melakukan ekspor ke Spanyol. Negara ini merupakan salah satu destinasi wisata utama di Eropa, dan banyak wisatawan di sini membutuhkan berbagai produk dari negara tropis seperti Indonesia,” jelas Jo.

Jo juga menonjolkan kebiasaan orang Spanyol yang mengonsumsi kopi hingga lima kali sehari, menjadikan kopi sebagai salah satu produk yang berpotensi diekspor ke Spanyol. Dia juga mengusulkan agar tahu Sumedang, yang sudah terkenal dan melegenda, dapat dikemas dalam bentuk keripik untuk meningkatkan daya tahan.

0 Komentar