Warga desak pemerintah terkait TPAS Cibeureum Sumedang: Kesehatan warga sangat penting!

Warga desak pemerintah terkait TPAS Cibeureum Sumedang
Warga desak pemerintah terkait TPAS Cibeureum Sumedang(plasteek.id)
0 Komentar

sumedangekspres– Warga desak pemerintah terkait TPAS Cibeureum Sumedang, saat ini TPAS Cibereum kurang mendapat perhatian dari pemerintah, apalagi dampak yang masyarakat sekitar terima ketika adanya Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Cibeureum, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang, warga mendesak kepada pemerintah untuk memberikan perhatian khusus terhadap dampak sosial dan kesehatan atas pencemaran lingkungan yang timbul dari sampah yang dibuang ke lokasi tersebut.

Menyikapi hal itu, Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman didampingi beberapa Kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) berdialog dengan warga.

“Banyak aspirasi dari warga Desa Cibeureum Wetan dan Cibeureum Kulon yang menginginkan adanya perhatian khusus terhadap pengelolaan sampah di TPAS Cibeureum mulai dari masalah kebakaran sampah, dampak sosial dan kesehatan yang ditimbulkan, termasuk juga terkait infrastruktur (kondisi jalan yang dilewati kendaraan pengangkut sampah),” kata Herman

Menurutnya, berbagai aspirasi yang disampaikan warga langsung direspon cepat.

Baca Juga:Herman Suryatman menerima kunjungan dari Singapore: Eksplorasi terkait digital planning atau smart city planning!Asal Mula Kejadian penggerebekkan 2 oknum guru di Majalengka: Bertindak asusila?

Terkait masalah kesehatan, Herman mengintruksikan puskesmas dan Dinas Kesehatan untuk memberikan akses pelayanan kesehatan, dengan menurunkan para petugas kesehatan di Puskesmas dan Dinkes turun bagi warga yang terdampak.

“Salah satu ikhtiar, kami turunkan tenaga kesehatan mulai besok. Seperti cek tensi dan lain lain termasuk keluhan pernafasan apakah ISPA yang dikeluhkan warga ada hubungan dengan TPSA Cibeureum,” tandasnya.

Khusus berkaitan dengan infrastruktur jalan menuju lokasi TPAS akibat dampak pembangunan jalan tol, pihaknya siap membantu serta meminta kepada Kementerian PUTR dan CKJT.

“Ada analisis yang ringan, Suport dari Pemda tapi yang menengah ke atas kami minta kementerian termasuk CKJT. Nanti dibantu juga dari APBD perubahan dengan catatan yang menjadi tanggungjawab pemkab kalau desa lewat stimulus melalui BANKUDes,” tuturnya.

Itulah informasi terkait Warga desak pemerintah terkait TPAS Cibeureum Sumedang.

0 Komentar