Ratusan Warga di Purwakarta Alami Keracunan Makanan Massal

Ratusan Warga di Purwakarta Alami Keracunan Makanan Massal
Ratusan Warga di Purwakarta Alami Keracunan Makanan Massal (ist/youtube/kompastv)
0 Komentar

sumedangekspres – Pada Jumat malam, 17 November 2023, peristiwa mengenaskan terjadi di RW 01 Desa Pusakamulya, Desa Cikubang, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta.

Ratusan warga diduga keracunan makanan usai mengonsumsi nasi bungkus. Oleh karena itu, mereka harus bergegas ke berbagai rumah sakit dan puskesmas untuk mendapatkan perawatan.

Kapolres Ibrahim Tompo, Kabid Humas Polda Jabar, mengatakan keracunan terjadi pada Jumat, 17 November 2023 malam.

Baca Juga:Menghadapi Ancaman Bencana Alam pada Musim Penghujan di Jawa BaratPesona Wisata Arung Jeram dan Tubing di Desa Citepok, Sumedang

Gejala yang dialami korban antara lain pusing, muntah, buang air kecil, dan diare. Dari ratusan warga yang sakit, 85 orang mendapat perawatan di Klinik Ibnu Sina dan 10 orang dirawat di sana.

Selain itu, 14 orang dirawat di Puskesmas Kiarapedes dan 58 orang serta 31 orang di Puskesmas Wanayasa. Ibrahim mengatakan keracunan awal terjadi setelah warga mengonsumsi nasi, telur balado, mie kuning, dan gorengan.

Mengonsumsi makanan ini dilakukan setelah menunaikan shalat Jumat.

Pihak berwenang sedang menyelidiki penyebab keracunan dan mengambil tindakan pencegahan untuk mencegah kejadian serupa terulang kembali.

Pimpinan Puskesmas Kiarapedes dan Puskesmas Wanayasa juga mengoordinasikan penanganan terbaik bagi para korban dengan rumah sakit terdekat.

Warga sekitar dan keluarga korban mengungkapkan keprihatinannya atas kejadian tersebut.

Mereka berharap pihak berwenang dapat segera mengungkap penyebab pasti keracunan makanan ini dan memastikan tindakan pencegahan dilakukan untuk melindungi kesehatan masyarakat.

Kejadian ini juga menjadi peringatan penting akan perlunya pengawasan ketat terhadap keamanan pangan dan praktik penyajian makanan.

Kerjasama antara pemerintah, komunitas, dan pelaku usaha makanan sangat diperlukan untuk memastikan kualitas dan keamanan makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat.

0 Komentar