Jadwal Musim Hujan di Sumedang Menurut Prediksi BMKG, Jangan ke Luar Tanpa Jas Hujan!

Jadwal Musim Hujan di Sumedang Menurut Prediksi BMKG, Jangan ke Luar Tanpa Jas Hujan!
Jadwal Musim Hujan di Sumedang Menurut Prediksi BMKG, Jangan ke Luar Tanpa Jas Hujan! (ist/Ilustrasi/ Kavin Faza)
0 Komentar

sumedangekspres – Jadwal Musim Hujan di Sumedang Menurut Prediksi BMKG, Jangan ke Luar Tanpa Jas Hujan!

Cuaca pada hari ini di Kabupaten Sumedang secara umum masih cerah. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Jabar memperkirakan cuaca tersebut akan berlangsung sejak pagi hingga sore hari pada Selasa (21/11/2023).

Menurut Rakhmat dari BMKG, hujan dengan intensitas ringan yang diprediksi akan mulai turun pada akhir Oktober-November 2023.

Baca Juga:Masyarakat Sumedang Jarang Konsumsi Ikan, Ini Potensi Bahaya yang Akan TerjadiAngka Kemiskinan di Sumedang Turun Ekstrem, Ini 4 Sreategi Pemkab!

Pada bulan November ini, sudah terjadi hujan di beberapa wilayah di Jawa Barat, dengan sekitar 27 titik yang mendapat curah hujan tambahan.

Fenomena ini juga menjadi viral di media sosial dengan sebutan “Hujan November”.

Rakhmat menjelaskan bahwa beberapa daerah saat ini belum menerima hujan secara rutin karena musim kemarau yang berlangsung lebih lama dibandingkan dua tahun sebelumnya.

Hal ini dipengaruhi oleh kondisi normalnya keadaan kemarau dan tingkat El Nino yang sedang, sehingga potensi penurunan curah hujan menjadi tinggi.

BMKG memperkirakan hujan dengan intensitas ringan sampai berpotensi kembali terjadi di beberapa daerah di Jawa Barat pada Selasa (21/11/2023).

Pada pagi hari (07.00 – 13.00 WIB), cuaca diprediksi cerah berawan dengan potensi hujan ringan hingga sedang di sejumlah wilayah, seperti Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Cianjur.

Sementara pada siang dan sore hari (13.00 – 19.00 WIB), cuaca secara umum berawan dengan potensi hujan sedang hingga lebat di beberapa wilayah, termasuk Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Bandung Barat.

Baca Juga:Sah! Segini Perkiraan UMP di Sumedang dan Pangandaran yang Berlaku Tahun 2024Netralitas ASN di Sumedang Pada Pemilu 2024 Terus Diingatkan

Pada malam hari (19.00 – 01.00 WIB), masih berpotensi hujan ringan hingga sedang di sejumlah wilayah seperti Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten Cianjur, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Subang, dan Kabupaten Purwakarta.

BMKG juga mencatat suhu udara di Jawa Barat berkisar antara 17 – 37 °C dengan kelembaban udara 45 – 98 persen. Angin secara umum bertiup dari timur laut – tenggara dengan kecepatan 05 – 50 km/jam.

Peringatan dini dikeluarkan oleh BMKG untuk mewaspadai potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Potensi ini dapat terjadi pada skala lokal antara siang hingga menjelang malam hari di beberapa wilayah di Jawa Barat.

0 Komentar