Khasiat Tanaman Unik Jenggot Musa

Khasiat tanaman unik Jenggot Musa
Khasiat tanaman unik Jenggot Musa(ist)
0 Komentar

sumedangekspres– Khasiat tanaman unik Jenggot Musa, mungkin kamu baru tau apa itu tanaman Jenggot Musa, ternyata tanaman ini cukup terkenal dan juga memiliki khasiat yang jarang orang ketahui.

Tanaman langka yang ada di Batu Love Garden (Baloga) ini mampu pikat wisatawan hingga pencinta tanaman hias. Tanaman dengan nama Latin tillandsia usneoides, spesies tumbuhan dari famili bromeliaceae ini berasal dari Meksiko, Bahama, Amerika Tengah, Amerika Selatan, Amerika Serikat bagian selatan.

Tumbuhan ini ditanam sebagai tanaman hias. Di Indonesia akrab disebut Jenggot Musa dan Lumut Spanyol. Diungkapkan Operasional Manager Baloga Moch Firdaus, Walang Greenhouse tempat tanaman Jenggot Musa berada memang menjadi salah satu spot andalan wisatawan. Pasalnya, banyak koleksi tanaman dari luar negeri. “Semua tumbuhan di sini dirawat dengan baik oleh tim nurcery (pembibitan). Nah, tanaman Jenggot Musa memang mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan,” katanya.

Baca Juga:Nyamuk Wolbachia aman tidak Bagi Manusia? Benarkah bisa menurunkan tingkat DBD?Kata-kata sindiran halus ngena ke hati

Menariknya, tanaman Jenggot Musa ini tumbuhnya menjuntai ke bawah. Bahkan, bisa sampai ratusan hingga ribuan helai. Kata Supervisor Garden Nursery Baloga Devi Istanto, tumbuhan Jenggot Musa ini tetap disiram dengan menggunakan spray kabut supaya tetap lembap. “Soalnya kan tidak butuh tanah, hanya mengandalkan udara,” terangnya.

Pihaknya menambahkan, saat sejumlah tanaman membutuhkan karbon dioksida, Jenggot Musa justru memerlukan oksigen. “Apabila udaranya terlalu panas otomatis kering lalu mati karena suplai oksigen berkurang. Untuk itu, perawatan jenis tanaman udara harus benar-benar dipantau,” pungkasnya.

Tampilan yang terjurai memukau mata, di jual di pinggir jalan oleh pedagang dengan warung berjuluk “Flora Bali”. dibagian hujung kota Singaraja Bali.  Pohon ini, dijajakan sebagai penghias rumah , mereka yang memiliki rumah lantai dua atau lebih  sangat pas dipajang  bergelantungan akan tampak   indah dan asri.

Apalagi  jurai jurai batangnya  kena terpaan sinar matahari pagi , akan membuat rumah semakin anggun dan berwibawa, ada kesan sejuk berada di lingkungannya.  Dia adalah tanaman jenggot Musa, keberadaan sungguh unik sebagai tanaman hias, karena persis  seperti jenggot kakek yang sudah ubanan.

Dengan nama ilmiah Tillandsia usneoides, dideskripsi dengan sangat apik  oleh  ilmuwan  Carl Linnaeus, pada 1762, tumbuh   dengan interaksi komensalisme, yang  menumpang untung, namun yang ditumpangi tak  dirugikan,  dan sesungguhnya di merupakan tanaman  penghubung  apa yang disebut “interactions between two “pools” of water and the external atmosphere.-interaksi antara dua “kolam” air dan atmosfer eksternal.

0 Komentar