Petani Tembakau Sumedang Harus Kembangkan Usaha Ternak dan Perikanan

Petani Tembakau Sumedang Harus Kembangkan Usaha Ternak dan Perikanan
Petani Tembakau Sumedang Harus Kembangkan Usaha Ternak dan Perikanan (ilustrasi/okutimurkab.go.id)
0 Komentar

sumedangekspres – Petani Tembakau Sumedang Harus Kembangkan Usaha Ternak dan Perikanan.

Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Sumedang tengah mendorong para petani dan buruh tani tembakau untuk memperluas usaha peternakan dan perikanan, sebagai bagian dari upaya meningkatkan daya beli masyarakat, terutama mereka yang berkecimpung dalam sektor pertanian tembakau di wilayah Kabupaten Sumedang.

Sekretaris Disnakan Kabupaten Sumedang, Yosep Susandi Ruhiyat, mengungkapkan inisiatif ini pada Selasa, 21 November 2023.

“Saat ini, kami sedang menggalakkan petani tembakau dan buruh tani tembakau untuk diversifikasi usaha dengan mengembangkan bidang peternakan dan budidaya ikan,” ujar Yosep.

Baca Juga:Petugas Damkar Sumedang Vs Ular Sanca 4 Meter : Menang TelakBecak Listrik, Pilihan Sarana Transportasi Ramah Lingkungan

Dalam rangka mendukung upaya para petani tembakau dalam mengembangkan usaha peternakan dan budidaya ikan, Disnakan Kabupaten Sumedang memberikan bantuan modal berupa domba dan bibit ikan.

Bantuan ini telah disalurkan kepada petani tembakau di berbagai wilayah Kabupaten Sumedang, termasuk Kecamatan Sukasari, Tanjungsari, Paseh, dan Tomo.

“Bantuan ternak dan perikanan ini khusus diberikan kepada petani tembakau, buruh tani, dan pelaku usaha tembakau. Sumber anggaran untuk modal usaha ternak dan budidaya ikan berasal dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau,” jelas Yosep.

Pemberian bantuan ternak dan bibit ikan diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat, khususnya para petani tembakau di Sumedang, sehingga tingkat kesejahteraan mereka dapat meningkat.

Bantuan ini disalurkan melalui Kelompok Tani tembakau, dengan rata-rata 18 hingga 30 ekor domba per kelompok.

“Jumlah domba diberikan dengan perbandingan 8 betina untuk setiap jantan. Sedangkan bantuan perikanan meliputi bibit ikan lele dan ikan nila. Bagi yang memiliki kolam, bibit ikannya akan diserahkan, sementara bagi yang tidak memiliki kolam akan diberikan paket kolam terpal,” tambah Yosep.

Demikian pembahasan mengenai Petani Tembakau Sumedang Harus Kembangkan Usaha Ternak dan Perikanan.***

0 Komentar