Resmi Cair BLT El Nino 2023, Ini Cara Lengkap Cek Status Penerimanya!

Resmi Cair BLT El Nino 2023, Ini Cara Lengkap Cek Status Penerimanya!
Resmi Cair BLT El Nino 2023, Ini Cara Lengkap Cek Status Penerimanya!(tangkapan layar laman cekbansos.kemensos.go.id)
0 Komentar

sumedangekspres – Resmi Cair BLT El Nino 2023, Ini Cara Lengkap Cek Status Penerimanya!

Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino 2023 telah resmi untuk segera di berikan kepada keluarga para penerima. Keluarga Penerima Manfaat akan langsung menerima bantuan sebesar Rp 400 ribu. Pemerintah Indonesia telah mengumumkan pelaksanaan Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino untuk mendukung 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdampak oleh fenomena El Nino.

Program BLT El Nino 2023 memberikan bantuan sebesar Rp 200 ribu per bulan untuk bulan November dan Desember 2023, dengan total dana yang dialokasikan mencapai Rp 7,52 triliun. Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, penyaluran dana BLT akan dilakukan melalui transfer tunggal sebesar Rp 400.000 untuk dua bulan, yang akan dikelola oleh Kementerian Sosial (Kemensos).

Baca Juga:Resmi UMK Ciamis Tahun 2024 Naik, Hanya Setara Dengan Beras 5 KGFirli Bahuri Tetap Jadi Ketua KPK, Sebelum Ada Keppres Pemberhentian

Sri Mulyani mengatakan, Kemensos akan mentransfer satu kali langsung untuk dua bulan sekaligus yaitu sebesar Rp. 400 ribu untuk 18,8 juta KPM.

Presiden Joko Widodo, pada kunjungannya ke Gudang Bulog Rawang Timur, Padang, Sumatra Barat, menekankan pentingnya BLT El Nino dalam menjaga daya beli masyarakat. Beliau mengumumkan bahwa setiap KPM akan menerima total Rp 400 ribu untuk dua bulan tersebut.

Namun siapa saja yang berhak menerima bantuan tersebut, ini adalah cara bagaimana kita memeriksa apakah kita sebagai penerima BLT El Nino  atau bukan. Simak informasi berikut.

Cara Memeriksa Penerima BLT El Nino 2023:

1. Melalui cekbansos.kemensos.go.id:
2. Kunjungi situs web resmi Kemensos kemensos.go.id.
3. Isikan informasi mengenai provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa atau kelurahan tempat tinggal.
4. Masukkan nama Penerima Manfaat (PM) sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
5. Ketikkan empat huruf kode yang muncul di kotak kode (refresh jika diperlukan).
6. Klik “cari data”.
7. Halaman Kemensos akan menampilkan nama penerima manfaat sesuai dengan wilayah yang Anda masukkan.
8. Status BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) atau bantuan sembako yang “Ya” menunjukkan bahwa Anda adalah penerima BLT El Nino.

Melalui Aplikasi “Cek Bansos”:

1.  Unduh aplikasi resmi “Aplikasi Cek Bansos” dari Kementerian Sosial Republik Indonesia.
2. Pilih “Buat Akun Baru” dan lengkapi informasi seperti nomor Kartu Keluarga (KK), nomor induk kependudukan (NIK), dan alamat sesuai KTP.

0 Komentar