Bunda Wajib Tahu Nih Perbedaan Puding dan Agar Agar, Serupa Tapi Tak Sama Lho!

Bunda Wajib Tahu Nih Perbedaan Puding dan Agar Agar, Serupa Tapi Tak Sama Lho!
Bunda Wajib Tahu Nih Perbedaan Puding dan Agar Agar, Serupa Tapi Tak Sama Lho! (Ist/briliofood)
0 Komentar

sumedangekspres – Bunda Wajib Tahu Nih Perbedaan Puding dan Agar Agar, Serupa Tapi Tak Sama Lho!

Puding dan agar-agar, dua kudapan yang seringkali hadir dalam hidangan penutup, mungkin terlihat serupa, tetapi sebenarnya memiliki perbedaan mendasar baik dalam bahan-bahan maupun cara pembuatannya.

Puding:

1. Bahan Utama:

Puding umumnya dibuat dari campuran susu, gula, dan tepung maizena atau telur sebagai pengental.

Baca Juga:Wargi Sumedang Cobain Yuk Ternyata di Sumedang Ada Bakso Prasmanan Lho, Bisa Ambil Sesuka Hati!Ingin Mengurangi Pertumbuhan Jerawat? Berikut Makanan yang Diklaim Bisa Membantu Menghilangkan Jerawat

Pilihan rasa puding sangat beragam, mulai dari coklat, vanilla, buah-buahan, hingga kopi.

2. Konsistensi dan Tekstur:

Puding memiliki tekstur yang lembut, halus, dan kadang-kadang sedikit kenyal tergantung pada bahan-bahan tambahan yang digunakan.

Umumnya, puding diolah melalui proses pemanasan dan dikukus atau didinginkan untuk memperoleh konsistensi yang tepat.

3. Penggunaan Gelatin atau Telur:

Beberapa resep puding menggunakan telur sebagai pengental alami, sementara yang lain mungkin menggunakan gelatin untuk memberikan kekenyalan dan kelembutan.

Agar Agar:

1. Bahan Utama:

Agar-agar terbuat dari rumput laut, yang dikenal sebagai agar-agar. Ini merupakan alternatif vegetarian untuk gelatin yang berasal dari hewan.

Agar-agar biasanya dicampur dengan air, gula, dan bisa juga dengan jus buah-buahan.

2. Konsistensi dan Tekstur:

Agar-agar cenderung memiliki tekstur yang lebih kenyal dan padat dibandingkan puding.

Baca Juga:Kepala Disnakertrans Sumedang: Job Fair Merupakan Salah Satu Cara untuk Mengurangi Pengangguran dan KemiskinanRamalan 5 Zodiak Hari Ini, Aries Harus Jujur Pada Pasangan?

Proses pembuatannya melibatkan pencampuran agar-agar dengan cairan dan pemanasan hingga mendidih untuk mengaktifkan sifat pengental agar-agar.

3. Ketersediaan untuk Vegetarian:

Karena bahan dasarnya berasal dari rumput laut, agar-agar sering menjadi pilihan yang disukai oleh vegetarian atau orang yang menghindari produk hewan.

Meskipun puding dan agar-agar keduanya adalah hidangan penutup yang lezat, perbedaan bahan dasar dan cara pengolahan memberikan karakteristik unik pada masing-masingnya.

Puding menawarkan kelembutan dan variasi rasa yang luas, sementara agar-agar memberikan pilihan kenyal dan merupakan alternatif vegetarian yang populer.

Pilihan antara keduanya tergantung pada preferensi pribadi dan kebutuhan diet.

Artikel ini telah tayang di PASUNDANEKSPRES.CO dengan judul “Perbedaan Puding dan Agar Agar, Penting banget untuk Diketahui Biar Gak Salah Bikin

0 Komentar