Misteri Gunung Geulis Sumedang : Pintu Gaib dan Diyakini Jadi Sarang Ular Raksasa

Misteri Gunung Geulis Sumedang : Pintu Gaib dan Diyakini Jadi Sarang Ular Raksasa
Misteri Gunung Geulis Sumedang : Pintu Gaib dan Diyakini Jadi Sarang Ular Raksasa (ist/sumedangtandang.com)
0 Komentar

sumedangekspres – Misteri Gunung Geulis Sumedang : Pintu Gaib dan Diyakini Jadi Sarang Ular Raksasa.

Gunung Geulis, yang terletak di wilayah Desa Kamal, Kecamatan Tanjungmedar, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, adalah salah satu kawasan pegunungan yang dipenuhi oleh cerita-cerita mistis.

Dengan diameter sekitar 3,5 kilometer dan kandungan bebatuan yang melimpah, gunung ini memiliki aura mistis yang kuat, sebanding dengan gunung-gunung besar lainnya di Indonesia, seperti Gunung Tampomas.

Baca Juga:Segini Jumlah Kematian Ibu dan Bayi di Sumedang Tahun 2023, Tinggi BangetPAD Parkir Minim, Pemkab Sumedang Replikasi Sistem di Banyuwangi

Sama seperti banyak gunung di Pulau Jawa, Gunung Geulis dikenal memiliki banyak situs yang dianggap keramat oleh masyarakat setempat.

Bahkan, ada kepercayaan bahwa di gunung ini terdapat pintu gaib yang bisa membawa seseorang ke alam tak kasat mata.

Salah satu kawasan yang diyakini sebagai gerbang masuk ke alam gaib di Gunung Geulis dikenal dengan nama Lawang Kori, sebuah tempat berbentuk lubang di antara bebatuan yang menyerupai goa.

Lawang Kori terletak di bawah puncak Gunung Geulis dan berdekatan dengan empat situs keramat lainnya, yaitu Goa Batu Balandong, Goa Batu Balay, Batu Taman, dan Batu Kasur.

Menurut cerita dari seorang masyarakat setempat bernama Ijang Shodikin, Lawang Kori dianggap sebagai pintu gaib yang dapat menembus alam astral.

Setiap situs keramat di Gunung Geulis memiliki cerita dan karomah yang berbeda-beda, dan menurut cerita turun-temurun, situs-situs ini merupakan petilasan Raden Gadung dan Nyimas Raja Mantri.

Ijang Shodikin menjelaskan bahwa Lawang Kori jarang dijamah oleh masyarakat setempat karena dianggap sangat angker.

Baca Juga:Ketahuan Mesum di Mobil, Pria di Medan ini Tabrak Satpam Sampai MeninggalHamas Sebut Korban Tewas Akibat Perang di Gaza Hampir 15.000 Orang

Selain itu, situs ini diyakini sebagai sarang ular raksasa penunggu Gunung Geulis. Menurut cerita yang beredar, Lawang Kori adalah sarang ular raksasa peliharaan Nyimas Raja Mantri. Karena keangkerannya, warga sekitar enggan masuk ke dalam Lawang Kori.

Selain dianggap sebagai pintu gaib, lubang yang dikenal sebagai Lawang Kori ini juga diyakini dapat terhubung dengan kawasan perbukitan Pasir Tuhureun, yang terletak di wilayah Desa Tanjungmekar, Kecamatan Tanjungkerta, Kabupaten Sumedang.

Meskipun mitos tentang pintu gaib ini belum dapat dibuktikan secara faktual, cerita tentang keterhubungan Lawang Kori dengan Pasir Tuhureun terus menggema di kalangan masyarakat sekitar.

0 Komentar