Benarkah Produk Huawei akan meninggalkan android: Inilah penjelasannya!

0 Komentar

sumedangeskpres-Produk Huawei akan meninggalkan android

Huawei baru-baru ini meluncurkan perubahan besar pada HarmonyOS Next, yaitu tidak akan ada dukungan untuk file APK yang merupakan aplikasi asli Android.

CEO Huawei Richard Yu, mengungkapkan OS baru ini siap diluncurkan ke pengguna dalam waktu dekat. Namun pengumuman ini malah menimbulkan kebingungan di kalangan pemilik Huawei di seluruh dunia.

Kabar ini membuat pengguna ponsel Huawei di luar China khawatir tidak bisa mengakses aplikasi Android lagi.

Baca Juga:Valentino Rossi cari talenta baru di Indonesia: Apakah kamu berminat?Cara membuat perangkap nyamuk yang berguna jangka panjang

Seperti diketahui, HarmonyOS selama ini tidak menggunakan Google Mobile Services, namun masih mendukung sejumlah aplikasi Android yang bisa diinstal lewat APK.

Satu minggu setelah pengumuman tersebut, perusahaan mengeluarkan klarifikasi bahwa unit di luar negeri tidak akan menerima OS baru tersebut.

Melansir GSM Arena, Huawei berjanji bahwa HP dan tablet di luar China akan tetap menggunakan EMUI, mirip dengan HarmonyOS, yang didasarkan pada Android Open Source Project. Namun tidak memiliki layanan dan aplikasi Google, dan akan terus mendukung aplikasi Android asli.

Menurut China Mobile, Huawei akan terus meningkatkan dukungannya untuk pengembang di seluruh dunia. Perusahaan ini mengembangkan komunitas besar pengembang aplikasi, yang berupaya untuk memastikan aplikasi Android dari toko pihak ketiga berfungsi dengan baik di ponsel tanpa Google.

Berkali-kali para eksekutif Huawei meyakinkan pengembang dan pengguna, baik secara langsung maupun tidak langsung, bahwa dukungan untuk HP dan tablet di pasar global akan terus berkembang.

Perusahaan yang diblokir AS sejak 2019 itu masih memandang dirinya sebagai produsen perangkat lunak dan perangkat keras utama di dunia smartphone.

Itulah informasi mengenai Produk Huawei akan meninggalkan android.

0 Komentar