FIB Unpad Miliki Klub Chanoyu, Sebuah Upacara Minum Teh ala Negeri Sakura

FIB Unpad Miliki Klub Chanoyu, Sebuah Upacara Minum Teh ala Negeri Sakura
FIB Unpad Miliki Klub Chanoyu, Sebuah Upacara Minum Teh ala Negeri Sakura (ist/unpad.ac.id)
0 Komentar

sumedangekspres – FIB Unpad Miliki Klub Chanoyu, Sebuah Upacara Minum Teh ala Negeri Sakura

Suasana kampus Universitas Padjadjaran (Unpad) mirip dengan Jepang, karena di kampus tersebut terdapat sebuah klub upacara minum teh yang disebut dengan klub Chanoyu.

Upacara ini populer tidak hanya di Jepang tetapi juga di negara lain di dunia, termasuk di kampus Unpad.

Baca Juga:Nikmatnya Sarapan dengan Resep Mashed Potato Sederhana yang LezatDibandingkan Tahun Lalu, di Tahun 2023 Ini Angka Kemiskinan dan Pengangguran di Sumedang Menurun Drastis

Dikutip dari situs resmi Unpad: Di Fakultas Sastra dan Kebudayaan Jepang Universitas Padjadjaran, upacara minum teh ini diadakan secara rutin oleh kelompok mahasiswa yang tergabung dalam klub chanoyu.

Klub ini dijalankan oleh Dosen Sastra Jepang FIB Unpad Dr. Puspa Milani Kadir. Puspa menjelaskan, Klub Chanoyu meluncurkan kurikulum baru Program Studi Sastra Jepang Unpad pada tahun 2019.

Mempelajari upacara minum teh termasuk dalam salah satu kursus yang ditawarkan kepada siswa yang didedikasikan untuk praktik budaya tradisional Jepang.

“Budaya Jepang ini memiliki makna filosofi yang mendalam. Mulai dari falsafah, spirit upacara minum teh, yaitu yang disebut Wa-Kei-Sei-Jaku,” ujar Puspa.

“Wa” berarti harmoni kedamaian, “Kei” berarti saling menghormati satu sama lain, “Sei” berarti murni dan bersih, dan yang terakhir adalah “Jaku” berarti ketenangan hati.

Upacara minum teh di FIB Unpad dilaksanakan di ruangan khusus bergaya Jepang berlantai tatami yang disebut “washitsu”.

Ruangan ini berada di lingkungan FIB Unpad Pusat Studi Bahasa Jepang (PSBJ) yang didirikan pada tahun 1986.

Baca Juga:Bunda Wajib Tahu Nih Perbedaan Puding dan Agar Agar, Serupa Tapi Tak Sama Lho!Wargi Sumedang Cobain Yuk Ternyata di Sumedang Ada Bakso Prasmanan Lho, Bisa Ambil Sesuka Hati!

Klub Chanoyu juga rutin mengadakan upacara minum teh sebagai bagian dari budaya tradisional Jepang.

Klub ini ditujukan untuk orang-orang yang memiliki minat khusus pada budaya teh Jepang.
Upacara minum teh secara rutin dipamerkan selama Pekan Bahasa dan Budaya Jepang, yang juga dikenal sebagai Bunkasai.

Selain itu, sering juga diadakan upacara minum teh ketika para tamu berkunjung ke Sastra Jepang FIB Unpad.

“Kami biasa berkumpul setiap hari Rabu di washitsu untuk melaksanakan latihan. Hasil dari latihan kami ditampilkan di acara Bunkasai untuk menyambut para tamu. Kadang juga kami melaksanakan upacara untuk menyambut tamu di waktu-waktu lain.” tutur Prininta Meisya Rahardjo, perwakilan dari Klub Chanoyu.

0 Komentar