Jejak karir dan pendidikan Agus Subiyanto TNI baru yang dilantik Presiden

Jejak karir dan pendidikan Agus Subiyanto TNI baru yang dilantik Presiden
Jejak karir dan pendidikan Agus Subiyanto TNI baru yang dilantik Presiden(Foto: Sekretariat Negara)
0 Komentar

sumedangekspres– Jejak karir dan pendidikan Agus Subiyanto TNI baru yang dilantik Presiden, Agus Subiyanto menjadi salah satu panglima TNI yang memiliki karier gemilang. Bagaimana tidak, pada bulan Oktober lalu ia menggantikan Jenderal TNi Dudung Abdurachman sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Berselang satu bulan kemudian, ia diangkat menjadi Panglima TNI baru menggantikan Laksamana Yudo Margono yang akan memasuki masa pensiun pada 26 November 2023.

Meski begitu, keberhasilannya saat ini tentu tidaklah instan dan dipupuk sejak dahulu. Untuk itu, berikut riwayat pendidikan Panglima TNI yang baru selengkapnya.

Baca Juga:Panglima TNI baru dilantik oleh Presiden Jokowi: Siapakah sosok yang menggantikan Laksamana Yudo Margono?Siapa yang Jadi Juara MotoGP 2023?

Riwayat Pendidikan Panglima TNI Agus Subiyanto
Dikutip dari berbagai sumber, Agus Subiyanto lahir di Cimahi pada 5 Agustus 1967. Ia bersekolah di SD Baros Mandiri 4 Cimahi pada tahun 1974-1980.

Lulus dari bangku sekolah dasar (SD), Agus melanjutkan pendidikan di SMPN 2 Cimahi pada tahun 1980-1983 dan hijrah ke Kota Bandung untuk bersekolah di SMAN 13 Bandung (1983-1986). Setelah lulus dari bangku sekolah, petualangannya dimulai.

Diketahui selepas SMA sekitar tahun 1986, Agus mulai mengikuti jejak sang ayah yakni Dedi Unadi yang juga seorang prajurit TNI berpangkat Sersan Kepala. Awalnya ia mengikuti tes di Sekolah Calon Bintara Kodam III/Siliwangi, namun dinyatakan tidak lulus.

Sempat direkomendasikan mengikuti Sekolah Calon Perwira tanpa tes, Agus melewatkan hal tersebut dan memilih untuk melamar sebagai satuan pengamanan di sebuah mal di Bogor. Langkah ini lagi-lagi ia ditolak.

Pada tahun 1988, Agus akhirnya mengikuti tes masuk AKABRI dan berhasil menjadi lulusan dengan nilai terbaik kedua se-Jawa Barat. Ia akhirnya lulus dari Akmil pada tahun 1991.

Mengutip detikjateng, setelah lulus dari Akmil, Agus melanjutkan kariernya di Korps Baret Merah atau Kopassus dan sempat menjabat sebagai Komandan Batalyon 22 Grup 2 Kopassus. Ia juga sempat mengenyam pendidikan tinggi sarjana (S1) dan magister (S2).

Tidak diketahui lokasi kampus S1 Agus Subiyanto. Namun untuk jenjang magister berdasarkan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi ia lulus di program studi Manajemen dari Universitas Islam Batik.

Riwayat Jabatan Panglima TNI Agus Subiyanto

0 Komentar