Ratusan Bibit Pohon Ditanam di DAS Cisarua Cianjur: Semarak Memperingati Hari Pohon Sedunia

Ratusan Bibit Pohon Ditanam di DAS Cisarua Cianjur
Ratusan Bibit Pohon Ditanam di DAS Cisarua Cianjur (ist/pin/freepik.com)
0 Komentar

sumedangekspres – Dalam rangka perayaan Hari Pohon Sedunia, Komite Sub DAS Cikundul DAS Citarum Harum meluncurkan inisiatif luar biasa dengan menanam ratusan bibit pohon di Daerah Aliran Sungai (DAS) Cisarua, Lebak Cisarua, Desa Sindanglaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur.

Kegiatan mulia ini, yang diprakarsai oleh Koordinator Komite Sub DAS Cikundul DAS Citarum Harum, Herry Trijoko, berhasil mengumpulkan kurang lebih 800 bibit pohon.

Penanaman dilakukan secara bertahap di berbagai wilayah, dengan rencana untuk terus melanjutkan upaya penanaman. Namun, tidak hanya selesai di situ, panitia juga berkomitmen untuk merawat dan mengawal pertumbuhan pohon-pohon tersebut.

Baca Juga:Munculnya TPS Liar: Tantangan Pemkot Tasik dan Dampaknya pada LingkunganChrome OS: Kecepatan, Keamanan, dan Keterbatasan

Herry Trijoko dalam keterangannya mengatakan, kegiatan ini merupakan hasil kerja sama berbagai komunitas dan elemen masyarakat.

Bagian Pemerintah Desa Sindanglaya, Kecamatan, KTH, UPTD Pertanian 3 Kecamatan Cipanas Pacet Sukaresmi, Perwakilan Balithi Cipanas, Perwakilan Badan Penyuluh Pertanian Cipanas, Kepala Bank Artha Graha beserta jajarannya, pelajar dan masih banyak pihak lainnya yang turut hadir dalam kegiatan penanaman pohon tersebut.

Sebelum melakukan penanaman, rangkaian acara diawali dengan jalan santai pagi. Para peserta kemudian berbaris menyusuri Jalan Kampung Sukasari menuju Lapang Kantor Balithi Cipanas. Sekitar 200 peserta dibawa ke sana, diberikan bibit pohon dan dikelompokkan untuk melanjutkan perjalanan menuju perkebunan.

Herry menjelaskan, kegiatan ini diawali dengan jalan santai yang dilanjutkan dengan pertemuan di kantor Balithi di Cipanas. Disana peserta dipandu dan diberikan bibit pohon dan dikelompokkan untuk melanjutkan perjalanan menuju perkebunan.

Kegiatan ini diawali dengan pengarahan oleh Kepala Desa Sindanglaya Nyanyang Kurnia Sanusi dan dilanjutkan dengan doa bersama.

Acara semakin meriah dengan pertunjukan seni ritual dan musik Sunda, termasuk alat musik tradisional seperti Karinding dan alunan Rebab Biola dari komunitas seni Baraya Anjang-anjangan dan Cipanas Cakrawala Kreatif.

Pertunjukan seni tersebut tidak hanya menampilkan kelompok seni dewasa saja, namun anak-anak SDN Sukasarana juga turut serta dalam pertunjukan seni teater dan Rampak Puisi Alam.

Baca Juga:Mengatasi Pengangguran dan Kemiskinan: Keberhasilan Pemerintah Kabupaten SumedangPT KAI Daop 3 Cirebon Menyediakan 61.800 Tiket untuk Masa Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

Rangkaian acara kemudian diakhiri dengan penyerahan secara simbolis 10 orang perwakilan unsur pemerintah dan masyarakat, setelah itu seluruh peserta melakukan penanaman pohon di kawasan Lebak Cisarua.

0 Komentar