Panwaslu Kecamatan Ganeas Berkordinasi Dengan PPK Kecamatan Ganeas Untuk Awasi Logistik Pemilu 2024

Panwaslu Kecamatan Ganeas Berkordinasi Dengan PPK Kecamatan Ganeas Untuk Awasi Logistik Pemilu 2024
Panwaslu Kecamatan Ganeas Berkordinasi Dengan PPK Kecamatan Ganeas Untuk Awasi Logistik Pemilu 2024(tangkapan layar Ig @panwascamganeas)
0 Komentar

sumedangekspres – Panwaslu Kecamatan Ganeas Berkordinasi Dengan PPK Ganeas Untuk Awasi Logistik Pemilu 2024

Panwaslu Kecamatan Ganeas melakukan koordinasi dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Ganeas supaya bisa melibatkan Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) dalam melakukan pengawasan logistik pemilu.

Berdasarkan pengalaman pemilu sebelumnya, yang sempat terjadi kekurangan surat suara di beberapa TPS sebelum pemungutan suara dimulai.

Baca Juga:Bawaslu Kota Bandung Siap Menindak Hal-Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Kampanye 2024Sumedang Siap-Siap Mati Lampu 4 Jam, Cek Jadwal Pemadaman Listrik PLN Jabar Hari Ini

Ketua Panwaslu Kecamatan Ganeas, Nanang Herfatsa dalam press release di sekretariatnya, Selasa kemarin mengatakan, Panwaslu Kecamatan Ganeas, mewanti-wanti agar PPK, dalam hal ini PPS, dapat melibatkan setiap PKD dalam pengawasan penghitungan surat suara, agar nanti tidak terjadi kekurangan sebelum masuk amplop dan disegel.

“Jadi fokusnya setiap ada logistik yang datang ke kecamatan, agar PPK memberitahukan ke Panwas Kecamatan untuk melakukan pengawasan. Jadi nanti pas pemungutan suara tidak terjadi masalah seperti pemilu 2019 dan tidak saling menyalahkan,” tuturnya.

Di Kecamatan Ganeas sendiri, terdapat 19.822 Daftar Pemilih Tetap (DPT) dengan jumlah TPS sebanyak 82 di 8 desa. Dan di Ganeas sendiri untuk tingkat kerawanan tidak terlalu mencolok bila berkaca pada pemilu sebelumnya.

Haris Firdaus Kuroma yang merupakan Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Humas mengatakan, dari hasil Bintek persiapan pengawasan logistik, pihaknya juga fokus pada ketepatan sasaran, jumlah, dan waktu pendistribusian logistik.

Haris menuturkan bahwa pihaknya sudah menginventarisir kebutuhan logistik untuk Pemilu 2024. Untuk 8 desa dan 82 TPS dibutuhkan sebanyak 410 kotak suara dan 328 bilik suara.

Panwaslu Kecamatan Ganeas melibatkan PKD untuk melakukan pengawasan logistik.

Sementara itu, Koordinator Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Pepy Boni Solihin, menyebut terkait tahapan pendistribusian logistik Pemilu, Panwascam Ganeas sudah melakukan rakor dan bintek terhadap PKD yang ada di Kecamatan Ganeas. Itu dilakukan untuk menambah literasi dan keilmuan dalam hal pendistribusian logistik di desanya masing-masing.

0 Komentar