Mengawal Netralitas: Panwaslu Pamulihan Sumedang Siapkan Langkah Strategis Menuju Pemilu 2024 yang Adil

Panitia Pengawas Pemilu
Panitia Pengawas Pemilu (ist/ig)
0 Komentar

sumedangekspres -Yayan Sofian, Ketua Panitia Pengawas Pemilu atau Panwaslu Kecamatan Pamulihan , menekankan pentingnya menjaga netralitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD) pada kampanye pemilu 2024 mendatang.

Dalam jumpa pers tersebut, Yayan Sofian menyampaikan tekadnya untuk memastikan BPD se-Kecamatan Pamulihan bersikap netral dan adil dalam mendukung terselenggaranya Pilkada 2024.

Menurut Yayan, peran aktif Panwaslu tidak hanya sebatas sebagai pengawas, namun juga penting sebagai pendukung yang menciptakan lingkungan yang bermanfaat dan adil bagi seluruh peserta pemilu.

Baca Juga:Bea Cukai Purwakarta Melakukan Pemberantasan Barang Ilegal Demi Perlindungan MasyarakatMeningkatkan Kualitas Tenaga Kerja: Program Pelatihan di Kabupaten Sumedang

Yayan menegaskan, selain BPD, kepala desa dan perangkat desa juga harus menjaga netralitas sesuai UU Nomor 7 Tahun 2017 Pasal 280 Ayat 2 Poin J.

Panwaslu Pamulihan berjanji akan terus melakukan pengawasan ketat di seluruh tahapan pemilu untuk menjamin kelancaran dan integritas proses demokrasi di tingkat Kecamatan.

Prosedur pengawasan ini mulai dari pengecekan fakta hingga pemantauan partai politik peserta pemilu dan koordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan.

Yayan Sofyan juga menyoroti perlunya kerjasama dengan pihak lain, seperti FORKOPINCAM, PPK, Pemerintahan Daerah Se-Kecamatan Pamulihan, serta TNI, POLRI, dan ASN, termasuk Aparatur Desa. Koordinasi yang baik dianggap sebagai langkah krusial dalam mewujudkan pemilu yang aman, damai, dan berintegritas.

Sementara itu, Daya Rusdaya, Ketua BPD Desa Pamulihan, mengucapkan terima kasih atas kegiatan Press Release yang diadakan oleh Panwaslu.

Menurutnya, kegiatan ini berperan penting dalam tahapan pemilu 2024, khususnya dalam pengawasan masa pemilu.

Daya menjelaskan bahwa siaran pers tersebut berkontribusi positif dalam memberikan informasi yang transparan kepada masyarakat mengenai proses dan tahapan pemilu.

Baca Juga:DKPP Kabupaten Indramayu Sukses Gelar Gerakan Pangan Murah, Masyarakat Antusias BerbelanjaPenjelasan Sekolah Terkait Insiden Siswi SMAN 3 Bandung yang Jatuh dari Lantai 3

Dengan langkah-langkah strategis ini, Panwaslu Pamulihan bersama dengan berbagai pihak terkait berkomitmen untuk menjaga integritas, transparansi, dan netralitas dalam menjalankan tugasnya sebagai pengawas Pemilu.

Semua langkah ini diarahkan untuk menciptakan Pemilu 2024 yang adil dan demokratis, yang akan menjadi landasan kuat bagi perkembangan demokrasi di Kecamatan Pamulihan.***

0 Komentar