Raup Cuan Dari Permainan Katapel Ini Cerita Seorang Jukir Asal Sumedang

Raup Cuan Dari Permainan Katapel Ini Cerita Seorang Jukir Asal Sumedang
Raup Cuan Dari Permainan Katapel Ini Cerita Seorang Jukir Asal Sumedang(istimewa)
0 Komentar

sumedangekspres – Raup Cuan Dari Permainan Katapel Ini Cerita Seorang Jukir Asal Sumedang

Dikutip dari detik.com/jabar, Katapel merupakan salah satu permainan tradisional yang telah resmi menjadi salah satu cabang olahraga dalam naungan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI).

Berkat adanya permainan ini dimanfaatkan oleh salah satu warga Kabupaten Sumedang Uday yang bernama asli Udaya Sonjaya yang berusia 41 tahun yang merupakan seorang jukir asal Sumedang.

Baca Juga:Buruh Kabupaten Bandung Kembali Melakukan Aksi Demo ke Gedung SateGuru BK SMAN 3 Bandung Jadi Sorotan Disdik Jabar Pasca Jatuhnya Siswa Kelas 11

Uday sehari-hari berprofesi sebagai pengrajin katapel dan juga juru parkir di salah satu kafe di Sumedang. Ia merupakan warga Tagog, Desa Cibeureum Kulon, Kecamatan Cimalaka.

Katapel buatannya bisa disebut cukup istimewa. Sebab, selain menggunakan bahan pilihan, dibuatnya pun masih secara manual atau lebih banyak mengandalkan keterampilan tangan. Namun jangan salah, kualitas karyanya tidak kalah dengan produk-produk pabrikan.

Jukir asal Sumedang itu Pertama tertarik pada katapel itu pas ia main ke Narimbang dan ada kompetisi katapel di Pusat Pemerintahan Sumedang (PPS).

Katapel buatan Uday dibuat dengan menggunakan berbagai macam jenis kayu yang salah satunya adalah kayu sonokeling atau sanakeling.

Ia mengatakan, Kayu sonokeling ini selain kuat juga memiliki serat kayu yang estetik, sehingga kalau dibuat katapel itu terlihat indah.

Bagi Uday, katapel bukan hanya sekadar hobi semata tapi juga sebagai ladang tambahan untuk mencari nafkah. Satu buah katapel yang dibuatnya memerlukan waktu sekitar tiga harian dengan harga pada kisaran Rp100.000 sampai Rp1.000.000.

Untuk saat ini sudah mulai berkembang komunitas-komunitas pehobi katapel, seperti di Sumedang ada Katsu (Komunitas katapel Sumedang).

0 Komentar