Kabupaten Sumedang Raih Penghargaan Swasti Saba Wiwerda Tahun 2023: Perwujudan Komitmen Menuju Kabupaten Sehat

Kabupaten Sumedang Raih Penghargaan Swasti Saba Wiwerda Tahun 2023
Kabupaten Sumedang Raih Penghargaan Swasti Saba Wiwerda Tahun 2023 (ist/ig/hermansuryatman)
0 Komentar

sumedangekspres Kabupaten Sumedang menerima Penghargaan Swasti Saba Wiwerda Tahun 2023 dari Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Pj. Bupati Sumedang, Herman Suryatman, dalam acara ‘Malam Penganugerahan Tanda Penghargaan Swasti Saba Kabupaten/Kota Sehat dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Tahun 2023’.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan DKI Jakarta.

Baca Juga:Budidaya Tembakau: Alternatif Menguntungkan bagi PetaniKlarifikasi Bawaslu: Video Kontroversial Gibran Rakabuming Raka di Acara Jalan Sehat

Herman Suryatman mencatat, penghargaan ini merupakan wujud nyata komitmen besar masyarakat Kabupaten Sumedang dan pemerintah dalam melaksanakan program Kabupaten Sehat.

Herman Suryatman mencatat, penghargaan ini merupakan wujud nyata komitmen besar masyarakat Kabupaten Sumedang dan pemerintah dalam melaksanakan program Kabupaten Sehat. Pj Bupati menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Sumedang yang turut berperan aktif dalam pembangunan seluruh Kabupaten sehat.

Dalam konteks ini, Herman Suryatman pun berpesan untuk mempertahankan hasil yang telah dicapai di Sumedang. Sekjen Kementerian Dalam Negeri, Suhajar Diantoro juga mengapresiasi kerja keras para pemimpin daerah yang berkomitmen membangun Kabupaten/kota sehat di daerahnya.

Menurutnya, saat ini 67% kabupaten/kota di Indonesia sudah bisa tergolong daerah sehat, namun 33% sisanya masih perlu dioptimalkan dari segi kesehatan.

Suhajar juga memaparkan data bahwa 91 dari 100 rumah tangga di Sumedang mendapat air minum yang cukup. Namun, 9 rumah tangga lainnya masih membutuhkan bantuan dari pemerintah kota untuk mendapatkan air bersih.

Tujuannya adalah untuk terus meningkatkan kondisi sanitasi dan kesehatan masyarakat di wilayah tersebut. Dengan diraihnya penghargaan ini, Kabupaten Sumedang menunjukkan komitmen dan kolaborasi pemerintah dan masyarakat mampu menciptakan perubahan positif dalam mewujudkan kesehatan yang optimal.

Penghargaan Swasti Saba Wiwerda mendorong inovasi dan kolaborasi berkelanjutan untuk mewujudkan visi Kabupaten sehat yang berkelanjutan.***

0 Komentar