Harga Cabai Terbaru di Pasar Inpres Sumedang: Faktor Apa yang Menyebabkan Cabai Naik?

Harga Cabai Terbaru di pasar Inpres Sumedang
Harga Cabai Terbaru di pasar Inpres Sumedang(ist)
0 Komentar

sumedangekspres-Harga Cabai Terbaru di pasar Inpres Sumedang, cabai menjadi bahan pokok ibu-ibu ketika memasak, rasanya seperti ada yang kurang jika masak tidak pakai cabai. Namun saat ini harga cabai sedang melambung tinggi bahkan bisa sampai 2x lipat dari harga biasanya. Khususnya di Pasar Inpres Pusat Kota Sumedang naik dua kali lipat dari harga normal. Bahkan khusus cabai keriting hijau, harganya naik lebih dari dua kali lipat.

Harga cabai keriting hijau dari sebelumnya 20 ribu rupiah per kilogram sekarang menjadi 50 ribu rupiah per kilogramnya

Harga cabai domba dari semula Rp60.000 per kilogram menjadi Rp120.000 per kilogram. Kemudian, harga cabai rawit biasa dari Rp40.000 menjadi Rp50.000 per kilogramnya.

Baca Juga:Ibu Hamil Terinsfeksi HIV di Sumedang: Bagaimana Penanganan Pihak Kesehatan Sumedang?Jadwal SIM Keliling Sumedang 1 Desember 2023: Berapa Biaya Pendaftaran Perpanjangan SIM?

Lalu cabai keriting merah, sekarang harganya 80 ribu rupiah per kilogramnya, dari awalnya 40 ribu rupiah dan harga cabai merah besar sekarang harganya 100 ribu rupiah per kilogram, sebelumnya paling 60 ribu rupiah.

kenaikan harga cabai-cabaian disebabkan oleh pengaruh faktor cuaca yang menyebabkan ketersediaan barang pun menjadi terbatas .

Selain cabai-cabaian, beberapa harga sayuran pun mengalami kenaikan, seperti harga sayur kol dari semula Rp6.000 menjadi Rp12.000 per kilogramnya. Lalu harga waluh acar dari semula Rp3.000 menjadi Rp12.000 per kilogram. Kemudian harga sawi putih dari semula Rp6.000 menjadi Rp12.000 perkilogramnya.

Semoga pemerintah dapat menurunkan harga cabai ke harga normal disertai dengan ketersediaan barang.

Sementara untuk harga beras, meski harganya terbilang masih tinggi namun kondisinya stabil di angka Rp13.000 per kilogram untuk beras kualitas biasa, Rp13.500 untuk beras kualitas sedang Rp14.000 per kilogram untuk jenis beras kualitas tinggi.

Berbeda dari harga beras, harga daging ayam justru mengalami penurunan dari semula Rp38.000 per kilogramnya menjadi Rp36.000.

Kemudian untuk harga telur, diakui pedagang terhitung masih normal atau kini di angka Rp27.000 per kilogramnya.

Baca Juga:Kampanye Program Ganjar Pranowo-Mahfud MD: Bicara Mengenai Kesehatan dan Pemberantasan Korupsi!Camat Tanjungsari Himbau Netralisasi Pemilu 2024 Pada ASN: Upacara HUT Kopri Berlangsung Tertib!

kenaikan harga telur paling signifikan terjadi setiap menjelang hari perayaan Natal dan tahun baru.

Itulah informasi mengenai Harga Cabai Terbaru di pasar Inpres Sumedang. Semoga bermanfaat!

0 Komentar