5 Ibu Hamil di Sumedang Positif HIV Sepanjang Tahun 2023

5 Ibu Hamil di Sumedang Positif HIV Sepanjang Tahun 2023
5 Ibu Hamil di Sumedang Positif HIV Sepanjang Tahun 2023 (ist)
0 Komentar

sumedangekspres – 5 Ibu Hamil di Sumedang Positif HIV Sepanjang Tahun 2023.

Selama tahun 2023, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumedang mencatat bahwa sebanyak lima ibu hamil di wilayah tersebut telah terinfeksi HIV.

Kabid P2P Dinkes Sumedang, dr. Deti Rahmawati, mengklarifikasi bahwa data ini diperoleh setelah pihaknya melakukan skrining melalui puskesmas yang tersebar di berbagai kecamatan.

Proses skrining dilakukan dengan memeriksa setiap ibu hamil di puskesmas, mengingat pemeriksaan HIV merupakan syarat atau prosedur yang diperlukan bagi wanita hamil.

Baca Juga:Mengenal Pembangkit Listrik Tenaga Air yang Dibangun di JatigedePLN Selesaikan Pembangunan Transmisi Listrik PLTA Jatigede : Siap Bertransformasi ke Energi Hijau

“Kami dari Dinkes secara rutin melakukan pemeriksaan ibu hamil, termasuk pemeriksaan HIV, dan selama tahun 2023 ini, sudah tercatat lima ibu hamil yang terinfeksi,” terang Deti dalam rilis yang dikutip pada Jumat (1/12/2023).

Deti menjelaskan bahwa Dinkes telah memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) terkait penanganan ibu hamil yang terinfeksi HIV, termasuk memberikan obat kepada ibu hamil dan terus melakukan pemantauan terhadap kondisi kesehatan mereka.

“Obat yang diberikan tidak akan membahayakan perkembangan bayi yang dikandung oleh ibu hamil tersebut,” tegasnya.

Selain itu, dia menambahkan bahwa proses persalinan bagi ibu hamil yang terinfeksi HIV juga akan mendapatkan penanganan khusus.

Jika prosedur tersebut tidak dapat dilakukan di puskesmas, mereka akan segera dirujuk ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang lebih lanjut.

Demikian pembahasan mengenai 5 Ibu Hamil di Sumedang Positif HIV Sepanjang Tahun 2023.***

0 Komentar