Mengenang Een Sukaesih Guru Inspiratif Dalam Hari Guru Nasional 2023

Mengenang Een Sukaesih Guru Inspiratif Dalam Hari Guru Nasional 2023
0 Komentar

“Menjadi guru adalah amanah dari Yang Mahakuasa, karena anak-anak yang dididik adalah titipan dari Allah SWT. Jagalah mereka dengan baik, bimbinglah mereka. Pemberian amanah itu harus dilaksanakan dengan tanggung jawab”

Karena hal itu merupakan dedikasi kita, pengabdian kita. Serta mengajar itu , berbagi ilmu itu, hakikatnya adalah ibadah kepada Allah SWT dengan baik dan termasuk Hablum  Minannas , (hubungan manusia sesama manusia) juga.

Manfaatkanlah kesehatan yang diberikan oleh Yang Mahakuasa dengan sebaik-baiknya agar dapat lebih meningkatkan pengabdiannya kepada anak-anak tercinta.

Baca Juga:Panwascam Cimalaka Beberkan Aturan Masa KampanyeKampanye Dimulai, Panwascam Darmaraja Belum Temukan Pelanggaran

Wahai para Ibu/Bapak sekalian, menjadi guru merupakan panggilan jiwa. Karena itu kita harus senantiasa melaksanakan tugas pengajaran tersebut dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab. Juga penuh keyakinan dan tekad yang kuat supaya kita dapat menunjukkan diri yang seutuhnya.

Sebagai guru, tugas kita tidak hanya mengajari ilmu, tapi juga mendidik akhlak yang baik. Kita harus jadi idola, teladan dan panutan mereka. Kita juga harus beradaptasi dan berpartisipasi bukan hanya di lingkungan internal sekolah, melainkan pula di lingkungan yang lebih luas lagi, yakni sosial kemasyarakatan. Bahkan di lingkungan sosial, guru dituntut melakukan banyak hal, karena  seorang guru dianggap lebih bisa dan tahu.

Jangan lupa pula, sebagai guru kita juga tidak boleh mudah menyerah menghadapi kendala-kendala dalam dunia pendidikan. Semua harus dihadapi dengan berani demi kemajuan anak-anak didik kita, kemajuan pendidikan Indonesia. Semoga tugas yang dijalankan itu dinilai sebagai ibadah menjadi bekal di dunia dan akhirat kelak. Aamiin Yaa Robbal Aalamin .

Rupanya keterbatasan fisik bukanlah hambatan untuk berbagi, menolong sesama yang kurang mampu dan menaikan derajat hidup orang lain. Een Sukaesih telah melakoninya hampir 30 tahun tanpa pamrih. Kisah hidup, perjuangan dan pengabdiannya yang dramatis, menginspirasi dan memberi pelajaran berharga bagi kita semua.
Kapan seorang guru dikatakan inspiratif? Menurut buku Aplikasi Ilmu Phsikologi Positif : Guru Inspirasi adalah guru yang memberikan stimulasi mental yang diberikan kepada murid-muridnya di mana diharapkan dari stimulasi mental yang diberikan kepada siswa akan memberikan dampak yang lebih kuat terhadap pemahaman murid/siswa. Karena, banyaknya emosi positif yang dirasakan oleh  siswa pada saat belajar, maka penguasaan materi pembelajaran akan semakin baik.

0 Komentar