Prakiraan Cuaca Sumedang Hari Ini, Waspada Akan Turun Hujan Deras!

Prakiraan Cuaca Sumedang Hari Ini, Waspada Akan Turun Hujan Deras!
Prakiraan Cuaca Sumedang Hari Ini, Waspada Akan Turun Hujan Deras! (ist/NU Lampung)
0 Komentar

sumedangekspres Prakiraan Cuaca Sumedang Hari Ini, Waspada Akan Turun Hujan Deras!

Harap berhati-hati terhadap cuaca yang ekstrem. BMKG memantau perubahan kondisi cuaca dan iklim di seluruh Indonesia, saat ini menyoroti pentingnya dinamika atmosfer yang dapat mempengaruhi kemungkinan peningkatan curah hujan di banyak wilayah Indonesia.

Lalu, kapan turunnya hujan di Kabupaten Sumedang? Cuaca di Kabupaten Sumedang hari ini sebagian besar hujan. Prakiraan cuaca BMKG berlaku pagi hingga sore hari pada Selasa (5 Desember 2023).

Baca Juga:Seorang Perempuan di Bogor Ditemukan Tewas Usai Dianiaya PacarnyaAnies Baswedan: Jika Terpilih Jadi Presiden Akan Menstabilkan Harga Sembako

Berdasarkan laman yang dilansir, menunjukkan bahwa beberapa fenomena atmosfer yang diamati yang dapat menyebabkan peningkatan curah hujan di Indonesia sangatlah penting.

Fenomena Madden-Julian Oscillation (MJO) kini mulai merambah wilayah barat Indonesia dan diperkirakan masih aktif di sekitar wilayah Indonesia hingga fase pertama pada Desember 2023 sehingga berpotensi berkontribusi terhadap peningkatan pertumbuhan awan hujan.
wilayah Indonesia.

Fenomena regional lainnya adalah Gelombang Equatorial Rossby (ER) yang aktif di sebagian wilayah Indonesia, khususnya bagian tengah dan timur, hingga akhir Periode III (November 2023).

Intensifikasi monsun kontinental Asia. Terdapat tanda-tanda bahwa kecepatan angin tingkat atas dari Laut Cina Selatan akan meningkat hingga lebih dari 25 knot (47 km/jam).

Munculnya siklon tropis Seed 99W di Laut Natuna Utara dan sirkulasi siklon di Sumatera Barat dan Selat Karimata menyebabkan terbentuknya daerah pertemuan dan penurunan kecepatan angin.

Kecepatan angin maksimum 99W Tropical Cyclone Seed mencapai 20 knot (37 km/jam), dan tekanan sentral mencapai 1006 hPa saat sistem bergerak ke arah barat.

Anomali suhu permukaan laut positif sampai dengan 3 °C di wilayah Laut Cina Selatan, Selat Karimata, Laut Jawa, Selat Makassar, dan Laut Sulawesi menjadi sumber uap air dalam pembentukan awan hujan.

Baca Juga:Viral! Pria Asal Tasik Ini Harus Menderita Diabetes di Usianya yang Masih Muda! Akibat Gaya Hidup Tidak Sehat?Video Detik Detik Erupsi Gunung Marapi Memuntahkan Lahar Panas di Padang

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pangkalan Jawa Barat memperkirakan hujan ringan akan mulai terjadi pada akhir Oktober hingga November 2023. Namun hujan akan mulai turun di 27 lokasi di Jawa Barat.

Topik “Hujan November” pun menjadi topik hangat di media sosial. BMKG memperkirakan hujan ringan hingga sedang akan kembali terjadi di sebagian besar wilayah Jawa Barat pada Selasa (12 Mei 2023).

0 Komentar