Ternyata Ini Alasan Rohingya Memilih Indonesia sebagai Tempat Pengungsian

Ternyata Ini Alasan Rohingya Memilih Indonesia sebagai Tempat Pengungsian
Ternyata Ini Alasan Rohingya Memilih Indonesia sebagai Tempat Pengungsian (ist/goodstats)
0 Komentar

sumedangekspres – Ternyata Ini Alasan Rohingya Memilih Indonesia sebagai Tempat Pengungsian

Banyak pengungsi Rohingya memilih untuk melakukan perjalanan ke Indonesia, khususnya ke provinsi Aceh. Lalu kenapa banyak pengungsi Rohingya yang datang ke Indonesia bagian barat?

Menurut UNHCR Indonesia, pengungsi Rohingya datang ke Indonesia bukan untuk mengambil keuntungan dari kebaikan negara dan rakyatnya.

Kedatangan pengungsi di Indonesia merupakan respon terhadap keputusasaan akibat meningkatnya pembunuhan, penculikan dan kondisi berbahaya di tempat tinggal mereka sebelumnya.

Baca Juga:Kisah Pilu Fitria Wulandari, Seorang Perempuan yang Dibunuh Kekasihnya di BogorJadwal Debat Capres Cawapres, Akan Disiarkan di TV Nasional?

Juru bicara UNHCR mengatakan bahwa mereka datang karena keputusasaan yang disebabkan oleh meningkatnya kasus pembunuhan, penculikan dan situasi berbahaya di tempat mereka.

Mitra Salima menekankan bahwa pengungsi Rohingya di Indonesia telah diingatkan oleh UNHCR bahwa mereka adalah tamu yang wajib mematuhi hukum dan adat istiadat setempat.

Mitra Salima juga mengatakan bahwa di Indonesia, peraturan seperti UUD 1945 dan Peraturan Presiden Nomor 125 Tahun 2016 mengatur tentang penerimaan dan penanganan pengungsi di tanah air.

UNHCR mendukung pemerintah Indonesia dalam mengatasi masalah pengungsi dan mencari solusi jangka panjang.

Ia menekankan bahwa pengungsi Rohingya adalah orang-orang tangguh dan ingin memberikan kontribusi kepada masyarakat setempat jika diberi kesempatan.

Lebih lanjut, Mitra Salima menyebutkan bahwa lebih dari 70 persen pengungsi Rohingnya yang tiba di Indonesia dalam sebulan terakhir adalah perempuan dan anak-anak.

Ia membeberkan data UNHCR yang menunjukkan bahwa mayoritas pengungsi Rohingya mencari perlindungan di negara-negara seperti Bangladesh, Malaysia dan India dengan lebih dari 960.000 orang di Bangladesh, 107.000 orang di Malaysia dan 22.000 orang di India.

Demikian informasi mengenai Alasan Rohingya Memilih Indonesia

0 Komentar