Pegunungan yang Memiliki Spiritual Kuat di Sumedang!

Pegunungan yang memiliki spiritual kuat di Sumedang
Pegunungan yang memiliki spiritual kuat di Sumedang (foto: Instagram @hediramdani)
0 Komentar

sumedangekspres– Pegunungan yang memiliki spiritual kuat di Sumedang, di Sumedang memiliki banyak pegunungan namun tidak dalam kondisi aktif,

Gunung adalah salah satu bentuk kenampakan alam yang terdiri dari dua jenis berdasarkan keaktifannya, yaitu gunung aktif dan gunung tidak aktif.

Gunung tidak aktif atau gunung pasif adalah gunung yang tidak pernah mengalami erupsi pada tahun 1600 atau setelahnya.

Baca Juga:Parkir Berlangganan di Sumedang Sudah Ditiru Banyak Daerah!Pendaftaran KPPS Sumedang Dibuka: Tanggal Berapa Pendaftarannya?

Namun, gunung ini masih memperlihatkan gejala gunung api aktif dengan aktivitas yang sangat lemah.

Gunung berapi mati atau punah adalah gunung berapi yang tidak pernah tercatat mengalami erupsi dan kemungkinan tidak akan mengalami erupsi karena tidak lagi memiliki suplai magma.

Gunung di Sumedang gunung tersebut dinilai memiliki spiritual yang kuat, karena konon disebut sebagai lintasan ghaib. Sejumlah pemerhati spiritual menyebutkan, gunung tersebut mengelilingi wilayah penyangga Waduk Jatigede. Lalu lintas ghaib antara 4 gunung tersebut bukan hanya lalu lintas biasa, melainkan juga sebagai akses lalu lintas para leluhur Sumedang dalam membangun kekuatan spiritual pada masa lalu.

Para spiritual menyatakan gunung yang dimitoskan sebagai lalu lintas ghaib tersebut, bahkan disebut sebagai paku bumi kekuatan keberadaan Waduk Jatigede.

“Jika gunung-gunung tersebut tidak dijaga dengan kekuatan spiritual bisa jadi marabahaya,” ujar WD Darmawan alias Aki Wangsa, pemerhati spiritual asal Sumedang.

Kata dia uniknya gunung itu membentuk segi empat jika ditinjau dari letaknya.

“Ada juga yang menyebut secara filosofinya, gunung ini adalah pondasi atau penyangga Waduk Jatigede. Nah keberadaan gunung-gunung jika tarik garis akan seperti segi empat,” ucapnya. Adapun gunung tersebut antara lain, Gunung Surian yang tepat berada di perairan Waduk Jatigede.

Baca Juga:Kapan Cuti Natal Dilaksanakan? Inilah Tanggal Cuti Natal 2023!Jumlah Korban Erupsi Gunung Berapi di Sumbar: Inilah Rincian Nama Korban!

Kemudian Gunung Jagat yang berada di di wilayah Cibareubeu, Kecamatan Jatinunggal. Kawasan Gunung Jagat bersebelahan dengan kawasan Waduk Jatigede.

Selanjutnya adalah Gunung Cakrabuana. Gunung ini terbentang dari wilayah Wado, Majalengka hingga Tasikmalaya. Di Gunung Cakrabuana terdapat makam leluhur yang disakralkan dan kerap didatangi peziarah. Terakhir gunung yang memiliki aura spiritual adalah Gunung Lingga. Gunung ini terletak di Cimarga, Cisitu dan terdapat makam keramat Prabu Tajimalela.

0 Komentar