Menyambut Libur Natal dan Tahun Baru: Kesiapan Terbatas Tim Life Guard di Pangandaran

Kesiapan Terbatas Tim Life Guard di Pangandaran
Kesiapan Terbatas Tim Life Guard di Pangandaran (ist/pin)
0 Komentar

sumedangekspres – Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), petugas keamanan di destinasi wisata Pantai Pangandaran sudah mulai bersiap menghadapi peningkatan pengunjung.

Diantaranya, lifeguard merupakan garda terdepan yang memiliki tanggung jawab penting dalam mencegah terjadinya kecelakaan laut di kawasan pantai tersebut.

Namun sayangnya, kesiapsiagaan tim lifeguard milik Balawista Balawista (Badan Penanggulangan Bencana Daerah – Wisata) belum sepenuhnya didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai.

Baca Juga:Langkah-langkah Penanganan dan Pencegahan Bencana Alam Menjadi Prioritas Utama di Musim PenghujanPemkab Sumedang Memastikan Hak Administrasi Kependudukan Bagi Penyandang Disabilitas di Hari Disabilitas Internasional

Ketua Balawista Kabupaten Pangandaran, Dodo Taryana mengatakan, meski rombongan pengawal sudah siap secara fisik menghadapi libur Natal dan tahun baru, namun masih ada beberapa kendala yang harus diatasi.

Salah satu kendala yang dihadapi adalah ketidaktersediaan kendaraan patroli roda dua maupun roda empat. Selain itu, kendaraan Jet Ski yang seharusnya menjadi salah satu alat utama life guard untuk merespon cepat situasi darurat di perairan, mengalami kerusakan.

Situasi ini tentu menjadi tantangan tersendiri dalam menjaga keamanan dan keselamatan pengunjung pantai Pangandaran.

Dodo Taryana menjelaskan bahwa setiap hari biasa atau weekday, terdapat 15 orang life guard yang selalu siap standby untuk menjaga dan mengamankan wisatawan yang tengah beraktivitas di sepanjang pantai Pangandaran.

Meskipun demikian, keterbatasan sarana dan prasarana, seperti kendaraan patroli dan Jet Ski yang tidak berfungsi, dapat memperlambat respons tim dalam situasi darurat.

Tim Balawista Pangandaran tetap melanjutkan upaya pengamanan dengan melibatkan tidak lebih dan tidak kurang dari 4 orang personel dalam setiap patroli.

Patroli dilakukan mulai dari jam 6 pagi hingga jam 5 sore, mencakup periode waktu yang dianggap rentan terhadap potensi kecelakaan atau situasi darurat di pantai.

Baca Juga:Ayah Bunuh Diri Massal, 4 Anak Ditemukan Tewas di Jagakarsa, Jakarta SelatanMisteri Kematian Pria Dalam Toyota Camry: Identitas Terungkap

Meskipun menghadapi keterbatasan, tim life guard Pangandaran tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dalam menjaga keamanan pengunjung selama libur Natal dan Tahun Baru.

Di tengah tantangan ini, upaya perbaikan dan peningkatan sarana serta prasarana menjadi langkah krusial demi meningkatkan efektivitas operasional tim life guard di masa yang akan datang.

Semoga, dengan dukungan semua pihak, objek wisata pantai Pangandaran dapat tetap menjadi destinasi yang aman dan menyenangkan bagi para pengunjung.***

0 Komentar