Makam Prabu Tadjimalela Gunung Lingga Sumedang, Pendiri Kerajaan Tembong Agung

Makam Prabu Tadjimalela Gunung Lingga Sumedang, Pendiri Kerajaan Tembong Agung
Makam Prabu Tadjimalela Gunung Lingga Sumedang, Pendiri Kerajaan Tembong Agung(istimewa)
0 Komentar

sumedangekspres – Makam Prabu Tadjimalela Gunung Lingga Sumedang, Pendiri Kerajaan Tembong Agung

Petilasan atau Makam Prabu Tajimalela berlokasi di Cimarga, Kec. Cisitu, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, saat ini telah ditetapkan sebagai situs Cagar Budaya oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, lewat Direktorat Jenderal Kebudayaan, serta dikelola oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten.

Petilasan Prabu Tadjimalela sendiri berada tepat di puncak Gunung Lingga, Prabu Tadjimalela sendiri merupakan sosok penting bagi masyarakat Sumedang.

Baca Juga:Alam Sejuk Kampung Ladang,Wisata Alam Penenang Pikiran di SumedangLiburan di Sumedang, Menikmati Pemandangan di Menara Kujang Sapasang

Karena beliaulah pendiri Kerajaan Tembong Agung yang menjadi cikal bakal Kerajaan Sumedang Larang dan yang sekarang menjadi Kabupaten Sumedang.

Bagi mereka yang ingin mengunjungi makam Prabu Tadjimalela, akan memerlukan usaha ekstra. Karena pengunjung harus melalui kawasan hutan dan menghadapi medan yang cukup sulit, termasuk menaiki 460 anak tangga sebelum mencapai puncak Gunung Lingga.

Didi Suandi yang merupakan anggota BPCB Banten, menjelaskan bahwa Gunung Lingga merupakan lokasi terakhir di mana Prabu Tajimalela melakukan pertapaan setelah menyelesaikan pertapaannya di Gunung Simpai yang terletak di wilayah Cibugel, Sumedang.

Petilasan Tajimalela kerap didatangi oleh para peziarah, terutama pada saat-saat khusus. Namun, pada hari-hari biasa, kunjungan dari pengunjung hanya sekitar lima orang.

0 Komentar