Bandung, Kota yang Damai di Tengah Kemacetan: Kok Bisa?

Bandung, Kota yang Damai di Tengah Kemacetan
Bandung, Kota yang Damai di Tengah Kemacetan (ist/pin)
0 Komentar

sumedangekspres – Bukan lagi rahasia umum kalau klakson memiliki fungsi utamanya sendiri. Dikutip dari KBBI, kegunaan klakson berfungsi sebagai peringatan akan keberadaan kendaraan tersebut. Tentu saja, hal ini bertujuan guna menghindari terjadinya laka lantas.

Namun beberapa waktu lalu viral lampu merah disalah satu perempatan di Bandung yang terliuhat sangat sunyi dan damai karena tidak terdengar satu pun bunyi klakson.

Untuk sesama orang Bandung, lampu merah hening adalah pemandangan yang biasa. Sebab membunyikan klakson ketika lampu merah jelas gak berpengaruh apa-apa.

Baca Juga:Puskesmas di Sumedang Buka Layanan Perawatan Dukungan Pengobatan bagi Orang dengan HIV/AIDSPuing-Puing Bangunan Terendam Kembali: Dampak Musim Hujan di Pesisir Waduk Jatigede

Bahkan ketika lampu mulai berwarna kuning, hanya sebagian kecil masyarakat yang membunyikan klakson.

Gak hanya di lampu merah, beberapa pusat kota, kabupaten yang dipenuhi pabrik, hingga tempat surga wisatawan menjadi alasan klise Bandung juga mengalami macet.

Namun, di samping semua itu, Bandung adalah kota yang cukup kondusif ketika macet. Jarang terdengar klakson selain bunyi kendaraan dan obrolan kecil dari para pengendara.

Bukannya digunakan untuk kebutuhan lalu lintas, klakson ternyata digunakan untuk berinteraksi atau basa-basi dengan pengendara maupun masyarakat lainnya.

Selain itu, etnik Sunda juga cukup dikenal memiliki karakter yang santai. Ketika berada di tengah kemacetan jalan, mayoritas masyarakat memilih berdiam diri dan pasrah.

Jika pengendara sadar bahwa sumber macet tersebut berasal dari kepadatan kendaraan yang berkumpul di persimpangan, biasanya akan mencari jalan keluar atau jalan pintas melalui gang-gang kecil.

Jika tidak ada jalan artinya masyarakat sudah sadar dan siap menunggu giliran untuk maju di kemacetan.

Baca Juga:Tragedi Petir di Desa Parakanlima: Delapan Anak Terkena Imbas Saat BerteduhBahaya Petir dalam Musim Hujan: Lima Tempat yang Perlu Dihindari

Demikian merupakan artikel mengenai Bandung, Kota yang Damai di Tengah Kemacetan.

0 Komentar