Mau Mudik Nataru Ke Sumedang Dengan Gratis ? Ini Tips Mudik Nataru Ke Sumedang Gratis

Mau Mudik Nataru Ke Sumedang Dengan Gratis ? Ini Tips Mudik Nataru Ke Sumedang Gratis
Mau Mudik Nataru Ke Sumedang Dengan Gratis ? Ini Tips Mudik Nataru Ke Sumedang Gratis (ist/mudik/pint)
0 Komentar

sumedangekspres – Mau Mudik Nataru Ke Sumedang Dengan Gratis ? Ini Tips Mudik Nataru Ke Sumedang Gratis, Pemerintah telah mengumumkan program unggulan untuk para pemudik yang merencanakan perjalanan ke Sumedang dan berbagai destinasi lainnya selama masa libur Natal dan Tahun Baru.

Mudik Nataru Ke Sumedang Dengan Gratis

Menariknya, kali ini, fokus utama program ini adalah para pengendara sepeda motor.

Menurut Suharto, Direktur Angkutan Jalan, program Mudik Nataru Ke Sumedang Dengan Gratis ini direncanakan sebagai antisipasi atas lonjakan jumlah pemudik yang diprediksi akan mencapai angka tinggi selama libur Nataru.

Baca Juga:Impresi Hunian di Tepi Waduk Jatigede Kembali Tergenang, Sumedang Awali Musim HujanDua Pemuda Terjaring Operasi Polisi: Bawa 3 Kg Ganja dari Ekspedisi

Dengan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT) yang memperkirakan sekitar 35,57% atau sekitar 39,97 juta penduduk akan menggunakan mobil pribadi dan sekitar 17,92% atau 20,14 juta orang akan menggunakan sepeda motor.

“Demi keselamatan dan kelancaran selama perjalanan Nataru, kami akan mengadakan program Mudik Gratis,” ungkap Suharto dalam keterangan resmi yang disampaikan beberapa waktu lalu.

Pendaftaran untuk program Mudik Gratis ini akan dilakukan secara online melalui aplikasi Mitra Darat mulai dari tanggal 5 hingga 20 Desember 2023.

Program ini diharapkan dapat meningkatkan keselamatan dan kelancaran perjalanan selama masa libur Nataru yang berlangsung mulai dari tanggal 20 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.

 Cara Daftar Mudik Gratis Nataru 2023

1. Unduh Aplikasi Mitra Darat: Calon pemudik perlu mengunduh aplikasi Mitra Darat untuk mendaftar.

2. Registrasi Melalui Aplikasi: Ikuti langkah-langkah yang tertera dalam aplikasi Mitra Darat untuk melakukan registrasi.

3. Verifikasi di Lokasi Tertentu: Setelah registrasi online, pemudik perlu melakukan verifikasi di kantor pusat Kementerian Perhubungan dan lokasi terdekat seperti GOR Bulungan Blok M untuk daerah Jakarta, serta Terminal Pondok Cabe untuk daerah Tangerang Selatan.

Baca Juga:Medsos, Panggung Inspiratif Pramuka Galang Kebaikan pada Bulan Bakti Saka Kalpataru dan WanabaktiPROMO SPESIAL! KAI Siapkan Diskon Besar untuk Perjalanan Menuju Sumedang 🚆

Menurut Badan Kebijakan Transportasi (BKT), jumlah pemudik diperkirakan mencapai 107,63 juta atau sekitar 39,83% dari total populasi nasional.

Mayoritas dari mereka akan menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil maupun sepeda motor.

Untuk mendukung program ini, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat telah menyiapkan 90 unit bus AKAP dan Pariwisata yang dapat menampung total 3.600 penumpang, serta menyediakan 120 unit truk khusus untuk kendaraan sepeda motor.

Untuk memastikan keamanan dan kelayakan armada yang disediakan, akan dilakukan pemeriksaan terhadap bis dan truk pada tanggal 18-20 Desember 2023.

0 Komentar