2 Titik Sumedang Ini Akan Dipasangi Alat Pendeteksi Gempa

2 Titik Sumedang Ini Akan Dipasangi Alat Pendeteksi Gempa
2 Titik Sumedang Ini Akan Dipasangi Alat Pendeteksi Gempa (ist/Getty Images/iStockphoto)
0 Komentar

sumedangekspres – 2 Titik Sumedang Ini Akan Dipasangi Alat Pendeteksi Gempa.

Kabupaten Sumedang termasuk dalam daerah yang memiliki risiko tinggi terhadap bencana pergerakan tanah di Jawa Barat.

Beberapa wilayah di Sumedang pernah mengalami bencana pergerakan tanah, terutama pada musim hujan.

Untuk menghadapi potensi ancaman bencana pergerakan tanah, Pemerintah Kabupaten Sumedang, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), telah melakukan koordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Baca Juga:Jadwal Hujan Sumedang Selasa 12 Desember 2023Pernikahan Sesama Jenis, Bupati Cianjur Imbau Warga Berhati-hati

Atang Sutarno, Kepala Pelaksana BPBD Sumedang, menyatakan bahwa dalam upaya mengantisipasi ancaman pergerakan tanah, BPBD Sumedang telah berkoordinasi dengan BMKG.

Atang mengungkapkan bahwa BMKG berencana untuk memasang alat pendeteksi gempa di wilayah Kabupaten Sumedang.

Pemasangan alat pendeteksi gempa ini dianggap sebagai langkah pencegahan pemerintah untuk meminimalisasi dampak bencana akibat gempa atau pergerakan tanah di Kabupaten Sumedang.

Atang menjelaskan bahwa BMKG akan memberikan bantuan alat pendeteksi gempa kepada BPBD Sumedang, yang akan dipasang di dua titik lokasi.

Menurut Atang, dua alat pendeteksi gempa ini direncanakan akan dipasang di wilayah Desa Cijambu, Kecamatan Tanjungsari, dan di wilayah Desa Cinanggerang, Kecamatan Pamulihan.

Alat-alat tersebut diharapkan mampu mendeteksi pergerakan tanah atau potensi gempa dengan jangkauan radius yang sangat luas, mencapai puluhan kilometer.

Atang menambahkan bahwa kedua alat tersebut akan berfungsi untuk mendeteksi kemungkinan terjadinya gempa atau pergerakan tanah di wilayah Kabupaten Sumedang.

Baca Juga:Mahasiswi di Sumedang Dilamar Dosen Sehari Sebelum Sidang, Viral di Media SosialTernyata Agen Penyeludup Pengungsi Rohingya ke Aceh Seorang Petani Garam di Bangladesh, Dapat Untung Miliaran

Dengan adanya alat ini, jika terjadi gempa di wilayah tersebut, alat akan secara otomatis mengirimkan sinyal berupa alarm.

Tujuan utama dari pemasangan alat pendeteksi gempa ini adalah untuk meminimalkan kerugian yang dapat terjadi akibat gempa atau bencana pergerakan tanah, terutama dalam upaya mencegah korban jiwa.

Ini merupakan bagian dari ikhtiar Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang dalam upaya deteksi dini bencana.

Demikian pembahasan mengenai 2 Titik Sumedang Ini Akan Dipasangi Alat Pendeteksi Gempa.***

0 Komentar