Jadwal Hujan Sumedang Selasa 12 Desember 2023

Jadwal Hujan Sumedang Selasa 12 Desember 2023
Jadwal Hujan Sumedang Selasa 12 Desember 2023 (ist/Pixabay)
0 Komentar

sumedangekspres – Jadwal Hujan Sumedang Selasa 12 Desember 2023.

Hari ini, di Kabupaten Sumedang, jadwal turun hujan perlu diwaspadai karena Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terus memonitor perkembangan cuaca di seluruh Indonesia.

Ada dinamika atmosfer yang signifikan, berpotensi meningkatkan curah hujan di beberapa wilayah.

Turunnya hujan di Kabupaten Sumedang diharapkan pada hari ini, Selasa (12/12/2023), mulai dari pagi hingga sore.

Baca Juga:Pernikahan Sesama Jenis, Bupati Cianjur Imbau Warga Berhati-hatiMahasiswi di Sumedang Dilamar Dosen Sehari Sebelum Sidang, Viral di Media Sosial

Prediksi cuaca BMKG mencatat fenomena atmosfer seperti Madden Julian Oscillation (MJO) dan gelombang Equatorial Rossby (ER) yang dapat mempengaruhi pertumbuhan awan hujan di Indonesia.

Penguatan monsun Asia juga terlihat dari kecepatan angin lapisan atas, dan ada Bibit Siklon Tropis 99W di Laut Natuna Utara yang dapat memicu perlambatan angin.

Anomali positif suhu muka laut di beberapa wilayah juga menjadi faktor pembentukan awan hujan.

Stasiun Jabar BMKG meramalkan bahwa hujan dengan intensitas ringan dapat terjadi di sejumlah daerah Jawa Barat, dengan beberapa daerah sudah mengalami cuaca hujan di bulan November.

Menurut Rakhmat dari BMKG, musim kemarau tahun ini berbeda dan lebih panjang dibandingkan dua tahun sebelumnya, sehingga potensi penurunan curah hujan tinggi.

BMKG memperkirakan kembali adanya hujan di sejumlah daerah di Jawa Barat pada Selasa (11/12/2023) dengan intensitas ringan hingga sedang.

Prakiraan cuaca BMKG untuk hari ini mencakup berbagai skenario, termasuk cuaca cerah berawan pada pagi hari, berpotensi hujan ringan hingga sedang menjelang siang, dan berawan hingga hujan sedang hingga lebat pada siang dan sore hari.

Baca Juga:Ternyata Agen Penyeludup Pengungsi Rohingya ke Aceh Seorang Petani Garam di Bangladesh, Dapat Untung MiliaranWarga Terus Desak UNHCR Untuk Pindahkan Pengungsi Rohingya Keluar dari Aceh

Pada malam hari, masih berpotensi hujan ringan hingga sedang di beberapa wilayah.

BMKG juga mencatat rentang suhu udara di Jawa Barat antara 17 – 37 °C dengan kelembapan udara 45 – 98 persen.

Angin umumnya bertiup dari timur laut – tenggara dengan kecepatan 05 – 50 km/jam.

Demikian pembahasan mengenai Jadwal Hujan Sumedang Selasa 12 Desember 2023.***

0 Komentar