BPBD Sumedang Kembali Menghimbau Warga: Hindari Aktivitas di Daerah Aliran Sungai pada Cuaca Ekstrem

Hindari Aktivitas di Daerah Aliran Sungai pada Cuaca Ekstrem
Hindari Aktivitas di Daerah Aliran Sungai pada Cuaca Ekstrem (ist/pin/sumedangkab.go.id)
0 Komentar

sumedangekspresBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumedang mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di daerah aliran sungai pada kondisi cuaca ekstrem saat ini.

Hal ini dilakukan untuk melindungi keselamatan warga, karena jika terjadi hujan di bagian hulu, debit sungai bisa meningkat pesat akibat cuaca yang tidak sesuai musim.

Kepala Pelaksana BPBD Sumedang, Atang Sutarno mengimbau masyarakat bahu-membahu demi keselamatan satu sama lain.

Baca Juga:BMKG Imbau Waspada Gelombang Tinggi di Pesisir Indonesia pada 11-12 Desember 2023RSUD Oto Iskandar Dinata Siap Layani Caleg Pemilu 2024 dengan Gangguan Kejiwaan

BPBD Sumedang mengedukasi dan mensosialisasikan imbauan ini kepada masyarakat setempat, khususnya terkait aktivitas di wilayah sungai.

Kegiatan seperti menangkap ikan atau kegiatan memancing di sungai diharapkan dihentikan sementara. Hal ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan akibat perubahan aliran sungai secara tiba-tiba.

Selain itu, masyarakat yang memiliki kebiasaan melakukan kegiatan di aliran sungai, seperti susur sungai atau kegiatan lainnya, disarankan untuk menghindari aktivitas tersebut, terutama pada periode cuaca ekstrem.

Ini termasuk masyarakat yang berlibur selama masa libur sekolah, diminta untuk tidak melakukan kegiatan di daerah aliran sungai guna mengurangi risiko kecelakaan.

Dalam mengantisipasi cuaca ekstrem, tidak hanya kegiatan di aliran sungai yang harus diperhatikan, tapi juga lokasi-lokasi lain yang dianggap rawan bencana.

Warga yang tinggal di pinggiran tebing, misalnya, diminta untuk lebih waspada dan segera mengungsi saat turun hujan karena adanya potensi bahaya yang sewaktu-waktu dapat mengancam.

Bagi mereka yang suka melakukan perkemahan, dihimbau untuk lebih berhati-hati dan memperhatikan kondisi lingkungan sekitar.

Baca Juga:Peningkatan Signifikan: Kereta Cepat Whoosh Catat 781.000 Penumpang dalam Dua Bulan OperasionalKetersediaan Beras Aman, Harga Kepokmas Relatif Stabil di Kota Bandung

Tindakan pencegahan ini diharapkan dapat mengurangi risiko kecelakaan dan membantu menjaga keselamatan warga Sumedang selama cuaca ekstrem berlangsung. BPBD Sumedang mengingatkan pentingnya kewaspadaan dan kerjasama masyarakat untuk menghadapi potensi risiko bencana alam.***

Demikian artikel mengenai BPBD Sumedang Kembali Menghimbau Warga: Hindari Aktivitas di Daerah Aliran Sungai pada Cuaca Ekstrem.

0 Komentar