Catatan Bencana Alam Kabupaten Sumedang Sepanjang 2023! Benarkah Sampai Ratusan?

Catatan bencana alam Kabupaten Sumedang sepanjang 2023
Catatan bencana alam Kabupaten Sumedang sepanjang 2023(ist)
0 Komentar

sumedangekspres– Catatan bencana alam Kabupaten Sumedang sepanjang 2023, sebentar lagi sudah memasuki awal tahun 2024. Berkaca pada tahun 2023 ternyata di Sumedang sudah banyak terjadi bencana alam, bahkan tercatat telah mengalami 252 kali peristiwa bencana. Mulai dari bencana kebakaran hutan dan lahan, longsor, pergerakan tanah, hingga bencana banjir.

Laporan mengenai peristiwa bencana ini, dilaporkan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang Atang Sutarno

Ratusan peristiwa bencana ini, menurut Atang, meliputi bencana longsor, banjir, pergerakan tanah, hingga bencana kebakaran hutan dan lahan yang telah ditangani BPBD Kabupaten Sumedang.

Baca Juga:Cuaca Buruk Sejumlah Titik di Kabupaten Sumedang: Waspada Fenomena Madden Julian Oscillation!Alur Seleksi Sekda Provinsi Jawa Barat: Apa Saja Kualifikasinya?

Adapun untuk rinciannya, sambung Atang, peristiwa bencana longsor 53 kejadian, pergerakan tanah 3 kali kejadian, banjir 6 kejadian, banjir bandang 1 kejadian, pohon tumbang 24 kejadian, kebakaran hutan dan lahan 164 kejadian, dan bencana puting beliung 5 kali kejadian.

Atang menyebutkan, ratusan peristiwa bencana yang terjadi di Kabupaten Sumedang ini, tentunya telah menimbulkan banyak sekali kerusakan, baik itu kerusakan pada bangunan milik penduduk, fasilitas umum, hingga lahan pertanian dan perkebunan.

Dengan rincian, bangunan rumah terdampak sebanyak 262 unit, fasilitas ibadah 13 unit, fasilitas pendidikan 13 unit, fasilitas infrastruktur 33 unit, dan puluhan fasilitas lainnya. Atas banyaknya peristiwa bencana ini, Atang mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tetap meningkatkan kewaspadaan.

“Apalagi sekarang sudah mulai musim hujan, jadi kita harus lebih meningkatkan kesiapsiagaan dini,” ucap Atang Sutarno.

Itulah informasi mengenai Catatan bencana alam Kabupaten Sumedang sepanjang 2023.

0 Komentar