Rundown Debat Pertama Calon Presiden di KPU Nanti Malam: Total Durasi 120 Menit Dibagi 6 Segmen

Rundown Debat Pertama Calon Presiden di KPU Nanti Malam: Total Durasi 120 Menit Dibagi 6 Segmen
Rundown Debat Pertama Calon Presiden di KPU Nanti Malam: Total Durasi 120 Menit Dibagi 6 Segmen (ist/BBC)
0 Komentar

sumedangekspres – Rundown Debat Pertama Calon Presiden di KPU Nanti Malam: Total Durasi 120 Menit Dibagi 6 Segmen

Debat pertama kandidat Pilpres 2024, yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), berlangsung hari ini pada Selasa (12/12). Acara ini berlokasi di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, dan dijadwalkan dimulai pukul 19.00 WIB.

Dalam debat tersebut, tiga pasangan calon hadir, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, serta Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Baca Juga:Persiapan Capres Anies Prabowo dan Ganjar Jelang Debat Perdana Nanti MalamJika Produk Israel Terus Diboikot, Transaksi Ritel Modern Bisa Anjlok Hingga 50 Persen!

Meskipun debat ini merupakan ajang untuk calon presiden, para calon wakil presiden juga turut hadir mendampingi.

Hasyim Asy’ari, Ketua KPU, mengungkapkan bahwa tema debat pertama mencakup Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik, dan Kerukunan Warga.

Rundown debat capres dijelaskan oleh Hasyim Asy’ari, dengan total durasi 150 menit. Rinciannya mencakup durasi debat selama 120 menit, yang dibagi menjadi enam segmen. Sisanya, yakni 30 menit, dialokasikan untuk pariwara.

Berikut pembagian segmen debat Pilpres 2024

  • Segmen 1

Pada segmen pertama, peserta Pilpres 2024 diberi kesempatan untuk memaparkan visi dan misi sesuai dengan tema yang ditetapkan. Capres memiliki kesempatan untuk saling menyanggah pada segmen kedua, ketiga, keempat, dan kelima.

Debat akan diawali dengan moderator membacakan aturan dan tata tertib. News anchor TVRI, Ardianto Wijaya, dan Valerina Daniel akan menjadi penyelenggara acara.

Setelah pembacaan tata tertib, setiap calon presiden akan diberi kesempatan untuk menyampaikan visi, misi, dan program mereka selama empat menit masing-masing.

  • Segmen 2 dan 3

Pada kedua segmen tersebut, moderator akan mengajukan pertanyaan yang mendalam mengenai visi dan misi. Sebanyak 18 pertanyaan akan diajukan oleh 11 panelis.

Baca Juga:Rayakan Momen Spesial Kamu di 6 Rumah Makan Mewah di Bandung Berikut Ini!Pendaftaran Anggota KPPS Dibuka Hari Ini. Berikut Persyaratan, Jadwal Seleksi dan Besaran Honornya!

Selain dari moderator, dalam kedua segmen tersebut, pasangan calon juga memiliki kesempatan untuk berinteraksi dan saling menyampaikan sanggahan satu sama lain.

August Mellaz, Komisioner KPU, menjelaskan bahwa di dalam segmen tersebut, akan terdapat pertanyaan dan interaksi antara pasangan calon satu dengan yang lainnya.

  • Segmen 4 dan 5

Mellaz menjelaskan pada segmen 4 dan 5 akan diisi oleh tanya jawab. Dalam kedua segmen ini juga antar calon bisa saling berinteraksi.

0 Komentar