Bank Emok di Jabar, Ngasih Bunga Tinggi Selangit

Bank Emok di Jabar, Ngasih Bunga Tinggi Selangit
Bank Emok di Jabar, Ngasih Bunga Tinggi Selangit(istimewa/uinsgd.ac.id)
0 Komentar

sumedangekspres – Bank Emok di Jabar, Ngasih Bunga Tinggi Selangit

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengawasi tingkat bunga renternir di Jawa Barat, OJK menyebutkan Bank Emok di Jabar merupakan renternir dengan bunga yang tinggi selangit.

“Rentenir di daerah bunganya tinggi, di Jawa Barat nih, ada namanya Bank Emok, Bank Titil, di Nusa Tenggara Timur saja saya baru tahu orang-orang kalau mau pergi dinas pinjam ke rentenir. Saya dapat cerita dari mereka, gede (bunga mereka),” ucap Deputi Komisioner Pengawasan Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan dan Perlindungan Konsumen OJK sekaligus Ketua Satgas Praktik Pemberantasan Aktivitas Keuangan Ilegal (PASTI), Sarjito, di The Ballroom Djakarta Theater, Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023), seperti dikutip dari detikFinance.

Ia telah memerintahkan sejumlah tim Satgas PASTI yang bertugas mendata tingkat bunga Bank emok di Jabar kepada masyarakat.

Baca Juga:Belum Ada Laporan Kasus Baru Covid-19 di Sumedang, Ini Kata Dinkes SumedangDesa Sirnasari Kecamatan Jatinunggal Bersepakat Mengganti Nama Jadi Desa Jatinunggal

Selain OJK ada juga bank-bank daerah yang sudah melakukan pengecekan bunga di Jawa Barat. Ini merupakan salah satu keberhasilan dalam memberantas rentenir yang sudah masuk ke pasar-pasar.

Dia menyatakan bahwa data yang spesifik tentang tingkat bunga tersedia, OJK akan memberikannya kepada Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD). Tim tersebut dapat memanfaatkan informasi tersebut untuk mengembangkan kebijakan, seperti menetapkan tingkat bunga yang lebih rendah daripada yang ditawarkan oleh rentenir.

Oleh karena itu, Sarjito yakin bahwa akan terjadi penurunan penggunaan lintah darat oleh masyarakat. Sebagai gantinya, mereka dapat memilih lembaga lain seperti koperasi untuk mendapatkan pinjaman.

0 Komentar