KPU Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Sumedang dalam Pemilu!

KPU tingkatkan partisipasi masyarakat Sumedang dalam Pemilu
KPU tingkatkan partisipasi masyarakat Sumedang dalam Pemilu(ist)
0 Komentar

sumedangekspresKPU tingkatkan partisipasi masyarakat Sumedang dalam Pemilu, pemilihan umum sebentar lagi akan dilaksanakan. Kampanye, debat capres sedang dilaksanakan. Oleh karena itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) khususnya di Kabupaten Sumedang melanjutkan upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2024 dengan menggelar roadshow di daerah pemilihan (Dapil) 5 Cimanggung dan Jatinangor.

Kegiatan dimulai di kecamatan Cimanggung, melibatkan anggota PPK dan PPS, dilanjutkan melewati Jalan Bandung Garut dan berakhir di Jatinangor Town Square (Jatos) Mal dan Janspark.

Kasubag Teknis KPU Sumedang, Robby Yulianto menjelaskan bahwa road show ini adalah kelanjutan dari kegiatan sebelumnya di empat Dapil. Tujuannya adalah meningkatkan partisipasi pemilih dengan sosialisasi mengenai hari pemungutan suara pada Pemilu 2024.

Baca Juga:Mengaktifkan BIJB Kertajati Kemenparekraf Siapkan Destinasi Terbaru dan Pilihan!Semangat Mengajar Guru Honorer Penyandang Difabel Netra di SLBN B Sumedang

Pada tanggal 14 Februari 2024, pemilih akan memilih Presiden, Wakil Presiden, anggota DPR RI, anggota DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten Sumedang, melalui sosialisasi ini agar 90 persen masyarakat datang ke TPS, mengungguli angka partisipasi tahun sebelumnya yang mencapai 87 persen.

Ia menambahkan, dalam roadshow ini disampaikan informasi mengenai pindah memilih. Pemilih yang sedang tugas sekolah, bekerja, atau menjalani rawat inap dapat memilih di TPS baru dengan mengurus pindah memilih ke PPS tempat tinggalnya sekarang, dengan batas waktu H-30. Bagi yang pindah domisili, KPU memberikan waktu hingga H-7 untuk ke PPS.

Pemilih tidak hanya menggunakan KTP Elektronik, tetapi juga harus membuat Form A pindah memilih ke PPS atau PPK tempat tinggalnya. Pada kesempatan ini, KPU juga memberikan informasi kepada mahasiswa di Jatos dan pemilih pemula di Unpad.

Menurutnya, Pemilu 2024 akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024. Waktu pencoblosan bagi yang tercatat di DPT adalah dari pukul 07.00 sampai 12.00, sedangkan bagi yang terdaftar dalam DPK adalah pukul 12.00 sampai 13.00 Waktu Indonesia Barat.

Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam berdemokrasi.

Itulah informasi mengenai KPU tingkatkan partisipasi masyarakat Sumedang dalam Pemilu. Semoga bermanfaat!

0 Komentar