Mekarjaya Optimalkan Pemberdayaan dan Pelayanan

OPTIMIS: Sekretaris Desa Mekajaya, Apit Supriatna dengan kasi dan staf pelayanan saat menunjukan programnya di depan Neon box Kantor Desa Mekarjaya, kemarin.
OPTIMIS: Sekretaris Desa Mekajaya, Apit Supriatna dengan kasi dan staf pelayanan saat menunjukan programnya di depan Neon box Kantor Desa Mekarjaya, kemarin.
0 Komentar

sumedangeskpres, KOTA – Desa Mekarjaya Kecamatan Sumedang Utara prioritaskan anggaran DD tahap II tahun 2023 pada program pemberdayaan dan optimalisasi pelayanan publik.

“Untuk DD tahap III tahun 2023 kami prioritaskan pada bidang pembangunan pemberdayaan masyarakat dengan pembinaan-pembinaan yang berhubungan dengan program ketahanan pangan dan kesehatan,” ucap Kepala Desa Mekarjaya Dr Awandi Nopyan S Mpd, melalui Sekretaris Desa (Sekdes) Mekarjaya Apit Supriatna kepada Sumeks, kemarin.

Adapun, lanjut Apit, untuk bidang infrastrukturnya kami alokasikan pada pembukaan jalan usaha tani, penghubung Dusun Nanggerang RW 04 dan Dusun Babakan pendeuy RW 02.

Baca Juga:Menteri Perdagangan Zulhas Usulkan Subsidi CabaiProgram Pemutihan PKB Segera Berakhir

“Untuk pembukaan jalan, ini tanahnya merupakan hibah dari warga dengan lebar 3 meter panjang 178 meter. Mekanisme pengerjaan padat karya tunai yang diperuntukan bagi masyarakat yang terindikasi masyarakat kurang mampu,” ucap Sekdes.

Untuk pemberdayaan, lanjut dia, pihaknya alokasikan pada pemberian insentif pada para kader posyandu, guru paud dan guru ngaji.

“Sementara untuk kesehatan yaitu penurunan stunting, kami alokasikan pada kegiatan pemberian makanan tambahan (PMT) pada baduta balita serta class ibu hamil dan baduta,” jelas Apit.

Apit mengatakan, dalam program pemberdayaan pembangunan yang lainnya dialokasikan pada rehabilatasi MCK di gedung Paud Tunas Harapan, Dusun Panyirapan RT 02 RW 06 dan alokasi pelayana publik.

“Alokasi pelayanan publik diantaranya pengadaan sarana dan prasaraba air bersih dengan sumur bor serta pengadaan neon box di kantor desa,” ucapnya.

Apit mengungkapkan, kemarin Desa Mekarjaya mendapatkan apresiasi dari kecamatan bahwa ada tiga desa di Kecamatan Sumedang Utara yang akan mendapatkan tambahan kinerja dari Dana Desa (DD) dari ketiga desa itu termasuk Desa Mekarjaya. Ia berharap kedepan adanya tambahan anggaran Dana Desa bagi desanya.

“Mudah-mudahan apa yang menjadi harapan kami selama ini bisa terwujud, sehingga untuk tahun anggaran di 2024 itu kami mendapatkan tambahan anggaran DD. Berbicara yang realistis sesuai dengan apa yang pernah kita sampaikan atau komitmen, bahwa kita akan meraih desa mandiri, yang memperoleh peluang untuk mendapatkan tambahan kinerja dari anggaran DD tahun 2024,” pungkasnya. (ahm)

0 Komentar