Apa Motto Kabupaten Sumedang? Yuk Simak!

apa motto kabupaten sumedang
apa motto kabupaten sumedang/ist
0 Komentar

sumedangekspres – Artikel kali ini akan membahas apa motto Kabupaten Sumedang. Simak ulasannya sampai habis ya!

Kabupaten Sumedang, yang dijuluki sebagai puseur budaya Pasundan, menyimpan kekayaan sejarah dan kebudayaan yang membuat penduduknya bangga.

Dahulu kala, Sumedang Larang adalah kerajaan besar yang mencakup wilayah luas hingga ke pelosok Jawa Barat.

Baca Juga:Hasil Survei Terbaru Capres 2024, Siapa yang Unggul?Baliho Jokowi ‘Alumnus Paling Membanggakan’ Hadir di UGM

Dengan jumlah penduduk sekitar 1.154.458 jiwa di akhir tahun 2019, banyak warga Sumedang yang bersemangat bertandang ke tempat lain untuk mencari pendidikan dan penghidupan yang layak.

Meskipun sumber daya manusia Sumedang produktif, ada kekhawatiran bahwa kesuksesan yang diraih oleh sebagian besar tidak diarahkan kembali untuk membangun Sumedang.

Banyak perguruan tinggi terkemuka, seperti Universitas Padjajaran (UNPAD) dan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), berada di Sumedang, dan ada warga Sumedang bersekolah di sana.

Namun, perlu adanya peran aktif dari pemerintah dan elemen masyarakat untuk memanfaatkan sumber daya manusia yang tersebar di daerah lain.

Penting bagi pemerintah Sumedang untuk mendata warganya yang menempuh pendidikan di luar daerah, memberikan perhatian, dan memberikan insentif seperti beasiswa.

Dengan demikian, lulusan dapat kembali ke Sumedang dan menyumbangkan pengetahuan serta keterampilan mereka untuk memajukan masyarakat Sumedang.

Semua pihak, termasuk tokoh terkemuka dan seluruh masyarakat Sumedang, perlu berperan aktif dalam memanfaatkan sumber daya manusia yang dimiliki untuk membangun Sumedang.

Baca Juga:95 BPR di Indonesia Hilang, Kok Bisa?Dulu Pengekspor Gula Terbesar di Dunia, Kini Indonesia Jadi Importir Terbesar

Dengan semboyan “Insun Medal-Insun Madangan, Aku Lahir maka aku menerangi,” Sumedang dapat bersinar melalui kerja sama dan pengembangan potensi lokal.

Lantas apa motto Kabupaten Sumedang?

Motto “Sumedang Tandang” mencerminkan keteraturan, keamanan, kenyamanan, kedamaian, dan keanggunan.

Semoga pertanyaan tentang apa motto kabupaten Sumedang sudah terjawab ya.

0 Komentar