Hari Jadi Persib Bandung Berubah, Bobotoh Wajib Tahu Ini!

Hari Jadi Persib Bandung Berubah, Bobotoh Wajib Tahu Ini!
Hari Jadi Persib Bandung Berubah, Bobotoh Wajib Tahu Ini!(istimewa/indosport.com)
0 Komentar

sumedangekspres – Hari Jadi Persib Bandung Berubah, Bobotoh Wajib Tahu Ini!

Hari jadi Persi Bandung yang sebelumnya ditetapkan pada tanggal 14 Maret 1933. Namun saat ini Persib Bandung telah mengumumkan hari jadi Persib Bandung setelah melakukan penelitian bersama tim peneliti Unpad.

Penelitian yang dilakukan selama enam bulan itu menghasilkan bahwa hari jadi Persib Bandung yang sebelumnya tanggal 14 Maret 1933 menjadi 5 Januari 1919.

Prof. Kunto Sofianto, Ketua Tim Peneliti Hari Jadi Persib, menjelaskan bahwa menurut catatan sejarah, Persib merupakan salah satu dari tujuh klub yang menjadi pendiri PSSI pada tanggal 19 April 1930. Oleh karena itu, Persib seharusnya sudah ada sebelum terbentuknya PSSI.

Baca Juga:Objek Wisata di Sumedang Yang Diprediksi Akan Ramai Dikunjungi Saat Libur Nataru 2024Korban Arisan Bodong di Sukabumi Melaporkan Pelaku ke Polisi

“Dari 14 Maret 1933 itu ditelusuri karena memang tahun 1930 persib itu ikut mendirikan PSSI. Kenapa tahun 1930 sudah ada, tapi berdiri tahun 1933, kami telusuri memang ke bawahnya ada (sejarahnya) tahun 1928, 1923. Kami menelusuri arsip nasional di Jakarta,” kata Prof Kunto di Graha Persib, Minggu (17/12/2023). Dikutip dari detik.com/jabar (18/12/2023).

Kemudian, tim peneliti menemukan koran lokal, Kaoem Moeda, yang terbit pada tanggal 7 Januari 1919. Dalam artikel di koran tersebut, dilaporkan pendirian sebuah klub sepak bola yang bernama Bandoengsch Inlandsch Voetbal Bond (Perserikatan Sepakbola Bumiputra Bandung).

Setelah ditemukan nya koran lokal yang terbit pada tanggal 7 Januari 1919 dan diberitakan mengenai pembentukan klub sepakbola bernama Bandoengsch Inlandsch Voetbal Bond (Perserikatan Sepakbola Bumiputra Bandung) tersebut Tim Peneliti mencari pendukung yang kuat.

Setelah menjalani rangkaian studi dan penelitian, Profesor Kunto bersama timnya yakin bahwa tanggal sebenarnya dari hari jadi Persib Bandung adalah tanggal 5 Januari 1919. Hasil penelitian tersebut kemudian diajukan kepada PT Persib Bandung Bermartabat (PBB).

CEo PT PBB Glenn Sugita menanggapi hal tersebut bahwa kajian penelitian hari Jadi Persib Bandung yang berdasarkan keraguan dia meyakini bahwa penelitian yang dilakukan oleh Tim peneliti Unpad menggunakan metode yang tepat.

Oleh karena itu, berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, manajemen Persib setuju bahwa tanggal pendirian Persib adalah 5 Januari 1919. Selain itu, Glenn juga mengusulkan agar setiap tanggal 5 Januari ditetapkan sebagai perayaan hari jadi Persib Bandung.

0 Komentar