Jatiroke Prioritaskan Ketahanan Pangan

PROGRAMKAN: Bendahara Desa Jatiroke, Yuli Yanti saat memaparkan alokasi Dana Desa tahap II kepada Sumeks di kantornya, baru-baru ini.
PROGRAMKAN: Bendahara Desa Jatiroke, Yuli Yanti saat memaparkan alokasi Dana Desa tahap II kepada Sumeks di kantornya, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres, JATINANGOR – Desa Jatiroke, Kecamatan Jatinagor realisasikan anggaran Dana Desa (DD) tahap II tahun anggaran 2023 pada bidang ketahanan pangan. Hal itu berupa pembangunan infrastruktur yang menunjang program, seperti pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) di jalan desa RW 04 dan RW 05.

“Kemudian, kedua perbaikan jalan dengan material rabat beton berlokasi di RW 05 dengan pengerjaan gotong royong swadaya masyarakat,” ujar Kepala Desa (Kades) Jatiroke, Ulan Ruslan SIp., melalui Bendahara Desa Jatiroke Yuli Yanti kepada Sumeks baru-baru ini.

Kades mengatakan, untuk program ketahanan pangan lainnya dialokasikan pada program teras hijau dan budidaya sayuran di polibag, serta budidaya ikan.

Baca Juga:Penderita Stroke Tertipu Penggandaan Uang, Dijanjikan Miliaran RupiahBegal Rampas Tas Petugas BTPN

“Dengan dialokasikanya DD tahap II pada pembangunan jalan bertujuan bisa memudahkan akses jalan masyarakat, yang tentunya akan menunjang akomodasi aktivitas masyarakat dalam membangun perekonomian,” ujarnya.

Yuli menjelaskan, untuk program teras hijau, budidaya tanaman di polibag dan budidaya ikan, Pemerintahan Desa Jatiroke bertujuan untuk mendukung program Pemerintahan Pusat dalam pengentasan angka stunting dan angka kemiskinan.

“Untuk budidaya Ikan itu kami bagikan kepada keluarga yang memiliki anak stunting dan balita kurang gizi. Sementara untuk budidaya tanaman di polybag itu diberikan kepada para ketua RW, kemudian dibagikan ke masyarakat yang kurang mampu,” katanya.

Pihaknya berharap, program ketahanan pangan bisa berkelanjutan dan bisa dirasakan manfaatnya oleh warga Desa Jatiroke.

“Kami pemerintahan desa berharap khususnya di Desa Jatiroke program ketahanan pangan ini bisa berkelanjutan. Bukan hanya menyerap anggara, tapi bisa dirasakan mafaatnya serta bisa meningkatkan perekonomian dan kesehatan, khususnya masyarakat di Desa Jatiroke, agar bisa menjadikan Desa Jatiroke lebih maju,” tutupnya. (ahm)

0 Komentar