Kerjasama Modal Utama Desa Wisata

WUJUDKAN: Anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Raksa Nagari Desa Cibubuan Kecamatan Conggeang saat melakukan kegiatan. Mereka bertekad mewujudkan Desa Cibubuan menjadi Desa Wisata di Desa Cibubuan, baru-baru ini.
WUJUDKAN: Anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Raksa Nagari Desa Cibubuan Kecamatan Conggeang saat melakukan kegiatan. Mereka bertekad mewujudkan Desa Cibubuan menjadi Desa Wisata di Desa Cibubuan, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres, CONGGEANG – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Raksa Nagari Desa Cibubuan Kecamatan Conggeang bertekad mewujudkan Desa Cibubuan menjadi Desa Wisata. Demi mewujudkan hal tersebut, baru-baru ini Pokdarwis Raksa Nagari telah melaksanakan rapat persiapan penyusunan laporan

Kegiatan dihadiri para pendamping dari Universitas Pancasila, Perwakilan Kementrian Desa, aparat pemerintah desa, pengurus BUMDES Kerta Raharja dan pengurus serta anggota Pokdarwis Raksa Nagari.

Ketua Pelaksana Program Matching Fund dari Universitas Pancasila Jakarta Sarojini Imran mengatakan, hingga saat ini Pokdarwis Desa Cibubuan sudah sampai pada tahap persiapan penyusunan laporan, atas kerjasama pada kegiatan matching fund antara Kementrian Desa, Pemerintah Kabupaten Sumedang dan Universitas Pancasila.

Baca Juga:Lima Langkah Sumedang dalam Mempercepat Transformasi DigitalPenyaluran Bantuan Harus Berlangsung Aman

“Untuk penataan jalan ke lokasi wisata memerlukan waktu dalam jangka tiga tahun,” katanya.

Sarojini Imran mengatakan, dirinya akan melihat prioritas dari lokasi wisata yang harus ditata terlebih dahulu. Diantaranya, lokasi wisata Cipanas yang tentunya proses penataannya memerlukan waktu yang bertahap.

“Pertama yang dipersiapkan adalah SDM dari tim Pokdarwis dalam mempersiapkan diri menyambut kedatangan wisatawan dari luar. Pj Bupati Sumedang, Alhamdulillah sangat merespon. Karena itu, Pokdarwis diharapkan jangan sampai motivasi itu hilang,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Cibubuan Gungun Gunawan dalam sambutannya mengatakan, sebagai salah satu syarat desa wisata adalah dengan dibentuknya Pokdarwis. Imbasnya, setelah menjadi Desa Wisata, warga Cibubuan harus menjadi masyarakat maju.

“Kalau Desa Cibubuan sudah dinobatkan desa wisata, berarti tantangan kedepan semakin berat,” kata dia.

Kades menerangkan, untuk mewujudkan Desa Wisata, semuanya masih tantangan yang memerlukan penataan.

“Bagaimana caranya dengan kondisi apa adanya dapat menarik wisata dari wisatawan,” ujar dia.

Baca Juga:Trunamanggala Selektif Pilih Anggota BPDJatiroke Prioritaskan Ketahanan Pangan

Pendamping Pokdarwis Desa Cibubuan dari Universitas Pancasila Ati mengatakan, peningkatan SDM bagi warga dengan langkah standarisasi nasional dan sertifikat yang diberikan kepada anggota Pokdarwis, legalitasnya harus diakui secara hukum.

Karena itu, sekarang juga akan dilaksanakan penyerahan sertifikat kepada pengurus dan anggota Pokdarwis. (bim)

0 Komentar