PLN (Persero) Gelar Apel Siaga Kelistrikan untuk Menyambut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

PLN (Persero) Gelar Apel Siaga Kelistrikan
PLN (Persero) Gelar Apel Siaga Kelistrikan (ist/pin)
0 Komentar

sumedangekspres – Pada Rabu (20/12), PT PLN (Persero) menggelar Apel Siaga Kelistrikan Natal 2023 dan Tahun Baru (Nataru) 2024 secara nasional.

Tujuan dari pertemuan ini adalah untuk mempersiapkan pasokan listrik dan bagi para pejabat untuk memastikan pasokan dan keandalan listrik selama perayaan Nataru 2024 di seluruh penjuru Indonesia.

Di momen bersejarah Natal ini, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menggarisbawahi kesediaan PLN untuk menjaga keandalan pasokan listrik dan menjawab segala kebutuhan pelanggan.

Tujuannya, agar masyarakat bisa merayakan Nataru dengan aman dan nyaman.

Baca Juga:Cuaca Panas di Musim Hujan Desember 2023: Dampak El Nino dan Dipole Mode PositifDukungan Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla Menguatkan Posisi Anies Baswedan dalam Pilpres 2024

Darmawan menjelaskan, Perayaan Nataru 2024 menghadapi tantangan yang sangat berat, terutama karena kemungkinan terjadinya kondisi cuaca ekstrim akibat El Niño.

Situasi seperti hujan lebat, petir, angin kencang, dan banjir setelah kemarau berkepanjangan berpotensi mengancam fasilitas listrik PLN.

PLN memprediksi kebutuhan listrik masyarakat pada momen Nataru 2024 sebesar 43 Gigawatt (GW), sementara daya mampu pasok PLN lebih dari 50 GW. Dengan demikian, dari segi kecukupan daya, statusnya sangat aman.

Selama periode Nataru 2024, PLN menyiagakan lebih dari 18 ribu pegawai dan lebih dari 63 ribu personel lapangan yang akan siaga 24 jam menjaga keandalan listrik. Mereka tersebar di 1.853 posko siaga PLN di seluruh penjuru tanah air.

Tak hanya itu, para petugas juga dilengkapi dengan peralatan dan armada pendukung, seperti 1.731 Genset, 735 Uninterruptible Power Supply (UPS), 1.091 Unit Gardu Bergerak (UGB), 116 Unit Kabel Bergerak (UKB), 395 mobil crane, 3.756 mobil, dan 3.318 motor.

Demi memberikan kenyamanan pada pengendara kendaraan listrik, PLN juga menyiagakan petugas di 624 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di 411 lokasi di seluruh Indonesia.

Terutama di Tol Trans Sumatra-Jawa, yang menjadi pusat mobilisasi selama libur Natal dan Tahun Baru, PLN telah menyiapkan sebanyak 63 SPKLU di sepanjang ruas tol.

Baca Juga:Sosialisasi Pajak Daerah: Transformasi Kebijakan Pendapatan Kabupaten SumedangKoordinator Divisi P2HM Bawaslu Sumedang Mendorong Perbaikan Pemasangan Atribut Pemilu

Dengan langkah-langkah siaga ini, PLN berkomitmen untuk memastikan pasokan listrik yang andal dan menjaga keamanan serta kenyamanan masyarakat selama merayakan momen Nataru 2024.

Demikian merupakan artikel mengenai PLN (Persero) Gelar Apel Siaga Kelistrikan untuk Menyambut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Berita tersebut sudah tayang di website Pasundan Ekspres. Dengan judul “Siagakan Petugas, PLN Pastikan Kesiapan Keandalan Pasokan Listrik Menyambut “Nataru”“.

0 Komentar