KPU Umumkan Debat Cawapres Kali Ini Disediakan Podium dan Boleh Bawa Alat Tulis. Netizen: Mau Debat atau UAS?

KPU Umumkan Debat Cawapres Kali Ini Disediakan Podium dan Boleh Bawa Alat Tulis. Netizen: Mau Debat atau UAS?
KPU Umumkan Debat Cawapres Kali Ini Disediakan Podium dan Boleh Bawa Alat Tulis. Netizen: Mau Debat atau UAS? (ist/Media Indonesia)
0 Komentar

sumedangekspres – KPU Umumkan Debat Cawapres Kali Ini Disediakan Podium dan Boleh Bawa Alat Tulis. Netizen: Mau Debat atau UAS?

Keputusan kontroversial dibuat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang memperbolehkan ketiga kandidat membawa alat tulis dan kertas pada debat cawapres mendatang. Informasi terkait debat cawapres ini disampaikan melalui saluran YouTube Metro TV pada Kamis, 21 Desember 2023.

Bahkan, KPU juga akan menyediakan podium untuk digunakan dalam debat cawapres tersebut. Diketahui bahwa penggunaan podium dalam debat cawapres ini merupakan saran yang diajukan oleh semua tim pasangan calon.

Ketentuan tersebut tentu menjadi pembeda dari debat capres perdana sebelumnya.

Baca Juga:Jelang Debat Cawapres Nanti Malam, Gibran Berharap Cawapres Lain Tak Serang DirinyaMenguak Keindahan Gua Kaneng, Tempat Wisata Tersembunyi di Pasuruan Jatim

Dalam pernyataannya di Kantor KPU, Jakarta, Ketua KPU Hasyim Asy’ari menjelaskan bahwa di podium, para kandidat diberikan kesempatan untuk menyiapkan alat tulis, bolpoin, dan kertas.

Namun, Hasyim dengan tegas menyatakan bahwa para kandidat diharapkan tidak membawa alat bantu tambahan seperti teleprompter, iPad, dan perangkat elektronik lainnya.

Namun, perlu diperhatikan bahwa kebijakan ini bukan sesuatu yang baru, karena pada debat cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019, KPU juga tidak mengharamkan kandidat membawa catatan atau perangkat gadget.

Mengenai tata cara debat, Hasyim menyatakan bahwa KPU masih menggunakan format yang mirip dengan debat calon presiden pertama yang diselenggarakan pada tanggal 12 Desember 2023.

Debat cawapres kedua dijadwalkan berlangsung pada Jumat, 22 Desember 2023, di JCC Senayan dengan fokus topik yang mencakup ekonomi, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, hingga APBN.

Namun, keputusan untuk mengizinkan membawa alat tulis telah menimbulkan berbagai respons dari warganet.

“Mau debat apa mau UAS,” komen @rina***.

“Alat bantu alat tulis wkwk. (Debat anak Sekolah Dasar) ini pertanda ada salah satu cawapres yg otaknya lemah…” tulis @Eny***.

Baca Juga:Keji! Netanyahu Bersumpah Lanjutkan Perang di Gaza Sampai Hamas Lenyap di Muka Bumi!Kenapa Hamas Tolak Gencatan Senjata Israel? Berikut Alasannya!

“Kenapa aturan-aturan yang dibuat KPU selalu mendadak? ada yang bisa jelasken,” komen @wong***. (*)

0 Komentar