Rumah Jadul Ratusan Tahun di Conggeang Yang Diminati Jutawan

Rumah Jadul Ratusan Tahun di Conggeang Yang Diminati Jutawan
Rumah Jadul Ratusan Tahun di Conggeang Yang Diminati Jutawan(istimewa/detik.com/jabar Foto : Nur Azis)
0 Komentar

sumedangekspres – Rumah Jadul Ratusan Tahun di Conggeang Yang Diminati Jutawan

Rumah jadul ratusan tahun di Conggeang peninggalan zaman dulu yang berlokasi di Dusun Hambawang, Desa Padaasih, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang yang menjadi daya tarik para jutawan.

Rumah tersebut adalah milik ibu Emah (84), rumah panggung dengan ornamen-ornamen kayu dan bambu serta halaman yang rindang dengan pohon rambutan dan sebuah kolam ikan disampingnya.

Rumah Mak Emah terbilang cukup luas dengan memiliki beberapa ruangan di antaranya ruang tamu, ruang tengah, dua ruang kamar tidur, satu ruangan tempat salat dan penambahan ruangan dapur dan toilet.

Baca Juga:Daftar Barang Buatan Israel Yang Banyak Dibeli Masyarakat IndonesiaRanking FIFA 2023 : Indonesia ke-146, Argentina Masih Tetap Teratas

Sebagian besar rumah tersebut masih dalam kondisi aslinya. Hanya sedikit bagian yang telah mengalami perbaikan atau modifikasi. Struktur besi penyangga untuk ventilasi udara serta elemen besi pada bagian teras rumah, warisan dari masa lampau, terlihat masih kokoh dan tetap mempertahankan desain khasnya yang sederhana.

Tidak hanya bangunan itu yang mempertahankan keasliannya dari segi bentuk dan bahan yang digunakan, tetapi beberapa perabotan di dalamnya juga merupakan warisan dari masa lampau. Contohnya, terdapat kursi dan lemari di ruang tengah yang telah ada sejak zaman dulu.

Dadi (63), anak kedua dari Mak Emah mengungkapkan, rumah jadul ratusan tahun di Conggeang merupakan rumah peninggalan turun temurun yang telah berusia ratusan tahun atau kini telah ditempati oleh generasi keempat.

Karena kesan unik yang dimilikinya, tidak jarang ada sebagian orang kaya atau jutawan yang ingin membelinya. Dikutip dari detik.com/jabar (26/12/2023).

0 Komentar