Wisata Alam Terbaik Sumedang Saat Libur Nataru 2024, Wisata Mata Air Sirah Cipelang

Wisata Alam Terbaik Sumedang Saat Libur Nataru 2024, Wisata Mata Air Sirah Cipelang
Wisata Alam Terbaik Sumedang Saat Libur Nataru 2024, Wisata Mata Air Sirah Cipelang(istimewa)
0 Komentar

sumedangekspres – Wisata Alam Terbaik Sumedang Saat Libur Nataru 2024, Wisata Mata Air Sirah Cipelang

Untuk kalian yang akan berlibur nataru 2024 di Kabupaten Sumedang. Kabupaten Sumedang sendiri juga banyak memiliki potensi wisata alam terbaik di Jawa Barat.

Objek wisata Mata Air Sirah Cipelang yang berlokasi di Dusun Cipelang Desa Cipamekar Kecamatan Conggeang. Wisata ini memanfaatkan potensi mata air yang berada di kaki Gunung Tampomas bagian timur.

Baca Juga:Rumah Jadul Ratusan Tahun di Conggeang Yang Diminati JutawanDaftar Barang Buatan Israel Yang Banyak Dibeli Masyarakat Indonesia

wisata Mata Air Sirah Cipelang awalnya merupakan sumber mata air masyarakat sekitar, namun saat ini mulai dikembangkan menjadi kolam renang.

Sumber mata airnya keluar dari bukit kecil yang berada di bawah rimbunnya pepohonan yang memenuhi kawasan ini. Karena langsung bersumber dari mata air, air Sirah Cipelang ini sangat jernih. Air dari mata air Sirah Cipelang ini mengalir ke arah timur menuju ke kawasan pesawahan terhampar luas.

Dilansir dari sumedangtandang.com, Pada tahun 1989 di mata air Sirah Cipelang ini dibangun bendungan untuk menampung air yang melimpah dari mata air sehingga berbentuk kolam. Air dari kolam ini dialirkan melalui saluran irigasi untuk mengairi pesawahan dan lahan pertanian lainnya di sebelah timurnya dengan luasan, pada saat itu mencapai 484 hektar. Selain sebagai sumber air irigasi, air dari mata air Sirah Cipelang juga dipergunakan sebagai sumber air bagi penduduk di perkampungan sekitarnya, khususnya untuk keperluan MCK (Mandi, Cuci dan Kakus). Air dari mata air ini dialirkan menggunakan pipa air dari hulu mata air Sirah Cipelang ke kawasan perkampungan sekitarnya.

Masyarakat setempat mengelola secara mandiri dalam mengelola wisata mata air Sirah Cipelang. Hingga saat ini, biaya tiket masuk ke tempat tersebut belum ditetapkan, sehingga pengunjung memiliki kebebasan untuk membayar sesuai dengan keinginan mereka.

0 Komentar